alexametrics

Hati-hati! Ini 5 Gunung Api Status Waspada dan Siaga di Indonesia

Chyntia Sami Bhayangkara
Hati-hati! Ini 5 Gunung Api Status Waspada dan Siaga di Indonesia
Gunung Merapi, salah satu dari gunung api status waspada dan siaga di Indonesia (15/8/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Harap waspada, ada sederet gunung api berstatus waspada dan siaga di Indonesia.

Suara.com - Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Selain Gunung Semeru yang erupsi, ada sederet gunung api berstatus waspada dan siaga di Indonesia bisa Anda lihat di artikel ini.

Hal ini rasanya perlu kami sampaikan agar masyarakat juga senantiasa waspada. Meski demikian, hal ini juga tanpa bermaksud menakut-nakuti, karena kewaspadaan memang harus selalu dijaga agar bisa melakukan hal yang cepat dan tepat saat ada kondisi darurat.

Daftar Gunung Api Berstatus Waspada dan Siaga di Indonesia

Gunung Merapi

Baca Juga: Update Sementara, Dampak Letusan Gunung Semeru Lumajang, 13 Orang Meninggal Dunia

Jadi salah satu gunung yang paling aktif di dunia, Gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah berstatus siaga. Warga juga diimbau tidak melakukan kegiatan apapun pada radius 3 kilometer dari puncak. Untuk wisatawan, radiusnya adalah 5 kilometer.

Gunung Sinabung

Berdasarkan pada laporan di situs magma.esdm.go.id, gunung ini juga masuk dalam status siaga dengan level III. Sama dengan gunung Merapi, radius aktivitas warga adalah di luar 3 kilometer, dan 4 dan 5 kilometer untuk aktivitas wisata.

Gunung Ile Lewotolok

Berada di kawasan Nusa Tenggara Timur, gunung yang satu ini juga berstatus siaga level III. Dalam radius 3 kilometer dari puncak, warga disarankan tidak melakukan aktivitas. Secara spesifik hal in juga ditujukan untuk masyarakat di desa Jontona yang memiliki risiko bahaya longsoran materi.

Baca Juga: Kondisi Terkini Pasca Erupsi Gunung Semeru, Perkampungan Tertimbun Abu Setinggi Atap

Gunung Ile Werung

Komentar