alexametrics

Cegah Omicron, Kenneth DPRD DKI: Anies Harus Mulai Persiapan Vaksinasi Booster

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Cegah Omicron, Kenneth DPRD DKI: Anies Harus Mulai Persiapan Vaksinasi Booster
Anggota DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth (ist)

"Gubernur Anies tahun depan harus berani melakukan terobosan dengan memulai melakukan program vaksin booster/vaksin ketiga kepada masyarakat DKI Jakarta..."

Suara.com - Anggota DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai persiapan untuk melakukan vaskinasi booster. Kebijakan ini perlu diambil demi mencegah penularan varian baru virus corona, B.1.1.529 atau Omicron.

Kenneth mengatakan, Anies perlu memberikan rasa aman bagi masyarakat yang sudah menerima dua dosis vaksin. Menurutnya mantan Mendikbud itu perlu menjaga kekebalan komunal atau herd immunity di tengah masyarakat.

"Gubernur Anies tahun depan harus berani melakukan terobosan dengan memulai melakukan program vaksin booster/vaksin ketiga kepada masyarakat DKI Jakarta yang sudah melakukan vaksin kedua, agar kesehatan masyarakat lebih terjamin," ujar Kenneth dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Selain itu, Kenneth menyebut Anies harus melakukan langkah preventif dalam melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat DKI Jakarta. Misalnya dengan menggencarkan penerapan prokes, serta sosialisasi varian baru ini dan dampaknya bagi kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga: Viral Poster Film The Omicron Variant, Begini Faktanya

"Jiika kita ambil contoh negara-negara tetangga yang berhasil keluar dari ancaman pandemi, karena melakukan pembatasan ketat dan pergerakan masyarakat, lokalisasi kasus, hingga vaksinasi cepat," kata Kenneth.

Apalagi saat ini menjelang liburan natal dan tahun baru 2022. Harus ada aturan tegas yang membuat masyarakat enggan bepergian ke luar rumah agar tak terjadi penularan Covid-19.

"Gubernur Anies harus tegas dalam membuat peraturan, kita ketahui saat ini roda  perekonomian di Jakarta sudah mulai bergerak dan stabil, jangan sampai kita kembali memperketat PPKM hingga berdampak negatif," ucapnya.

Karena itu, Kenneth meminta agar Anies segera bergerak cepat menginstruksikan jajarannya untuk melakukan tindakan peningkatan kewaspadaan terhadap potensi kemunculan Omicron. Ia tak ingin Jakarta malah nantinya kembali lagi menjadi epicentrum seperti saat bulan Juni-Juli 2021 lalu.

"Pemprov DKI harus lebih waspada dengan munculnya varian baru Covid-19 Omicron. Pasalnya, Jakarta sempat menjadi episentrum sebaran Covid-19 terbesar di Indonesia, ini yang perlu kita waspadai," jelasnya.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Varian Omicron Buat Brasil Batalkan Perayaan Malam Tahun Baru

Meski Anies dan jajarannya diminta untuk waspada, Kenneth meminta masyarakat tidak perlu sampai panik. Pemerintah sudah melakukan tindakan pencegahan agar Omicron tak masuk ke Indonesia.

"Masyarakat sebaiknya tetap waspada, tapi tidak perlu khawatir berlebihan. Karena saat ini pemerintah sudah melakukan langkah-langkah preventif, termasuk menutup bandara untuk WNA dari negara dimana varian omicron terdeteksi," pungkasnya.

Komentar