alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Viral Poster Film The Omicron Variant, Begini Faktanya

Liberty Jemadu
Viral Poster Film The Omicron Variant, Begini Faktanya
Poster The Omicron Variant ini, yang disebar oleh para pendukung teori konspirasi dalam pesan yang viral di media sosial dan WhatsApp, adalah bukan poster film. Poster ini adalah hasil editan seeorang sutradara di Irlandia yang diunggah ke Twitter pada 28 November 2021. [Twitter/Becky Cheatle]

Pekan ini beredar hoaks Covid-19 terbaru dalam bentuk poster film The Omicron Variant.

Suara.com - Akhir pekan ini telah viral sebuah poster film jadul alias lawas yang berjudul The Omicron Variant. Diklaim poster itu adalah tentang sebuah film dari tahun 1963.

Poster film ini viral di beberapa negara sejak pekan lalu. Di Indonesia, mulai ramai diedarkan di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp pada akhir pekan ini. Melengkapi foto poster film itu, ditambahkan sebuah narasi terkait Omicron, varian baru Covid-19 yang pertama kali muncul di Afrika Selatan.

"Judul film tahun 1963.. kok mirip ya? New Normal juga sebuah judul film.. Memang sudah dirancang.." bunyi keterangan dalam foto poster film yang tersebar di WhatsApp.

Pertanyannya, benarkah ada poster film dengan judul seperti di atas? Memangnya ada film berjudul The Omicron Variant?

Baca Juga: Antisipasi Covid-19 Varian Omicron, Pemkab Tangerang Siapkan Fasilitas Kesehatan

Mari kita periksa faktanya.

Pertama, seperti dilansir dari Reuters, tidak film berjudul The Omicron Variant dari tahun 1963. Faktanya, sejauh ini belum ada sama sekali film berjudul tersebut.

Pada tahun 1963 hanya ada film berjudul Omicron yang berkisah tentang alien yang merasuki manusia di Bumi. Tetapi posternya berbeda dari yang sedang viral saat ini.

Setelah dilacak, poster yang beredar di media sosial serta WhatsApp berasal dari film yang lain dengan judul Phase IV dari tahun 1974. Poster yang digunakan sangat mirip dari poster promosi berbahasa Spanyol.

Film Phase IV sendiri berkisah soal invasi semut gurun di dunia, yang berusaha dihentikan oleh dua orang ilmuwan dan seorang perempuan.

Baca Juga: Pemerintah Belanda Melaporkan 18 Orang Penumpang Pesawat Positif Terinfeksi Virus Omicron

Lalu dari mana poster abal-abal The Omicron Variant berasal?

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar