facebook

Media-media Asing dari Berbagai Negara Ikut Wartakan Erupsi Gunung Semeru

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Media-media Asing dari Berbagai Negara Ikut Wartakan Erupsi Gunung Semeru
detik-detik saat Gunung Semeru muntahkan erupsi, warga panik dan mencoba menyelamatkan diri, Sabtu (04/12/2021)

CNN, Sky News, hingga Aljazeera ikut wartakan meletusnya gunung Semeru.

Suara.com - Media-media asing ikut mewartakan meletusnya gunung berapi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021).

Sky News, media asing yang berbasis di Inggris, ikut mewartakan meletusnya Gunung Semeru yang dimulai pada pukul 13.30 WIB.

"Gunung berapi tertinggi di pulau Jawa Indonesia telah meletus, menewaskan sedikitnya satu orang dan mengirimkan abu yang sangat besar ke udara," lapor Sky News, pada Sabtu (4/12/2021).

Puluhan warga di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengungsi akibat meletusnya gunung berapi tersebut, yang disertai dengan hujan abu vulkanik.

Baca Juga: Sejarah Letusan Gunung Semeru

Media yang berbasis di Inggris lainnya, BBC News, juga ikut mewartakan meletusnya salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Warga terdampak erupsi Gunung Semeru dievakuasi di Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). [ANTARA/HO-Muhammad Sidkin Ali/Radar Semeru/abs/rwa]
Warga terdampak erupsi Gunung Semeru dievakuasi di Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). [ANTARA/HO-Muhammad Sidkin Ali/Radar Semeru/abs/rwa]

Dalam artikel Residents Flee as Indonesia Volcano Spews Ash pada Sabtu, BBC mewartakan warga mengungsi saat gunung berapi Indonesia memuntahkan abu vulkanik.

"Gunung berapi di pulau Jawa Indonesia meletus, mengirimkan gumpalan besar abu ke langit dan menyelimuti desa-desa terdekat," tulis BBC dalam laporannya.

Aljazeera, media asing yang bermarkas di Dubai, UEA, juga ikut melaporkan meletusnya gunung Semeru dalam artikel Indonesia volcano: Residents flee in panic after Mt Semeru erupts.

"Setidaknya satu orang telah tewas dan puluhan menderita luka bakar setelah gunung berapi Gunung Semeru di Jawa Timur Indonesia meletus pada hari Sabtu," lapor Aljazeera.

Baca Juga: Letusan Gunung Semeru, 10 Orang Belum Dievakuasi, 38 Luka Bakar

Media asal Dubai tersebut juga melaporkan, mengutip pihak berwenang setempat, jika dua orang hilang dan delapan orang terjebak di puing-puing.

Media asing lain seperti CNN, The Independent, juga ikut mewartakan meletusnya gunung berapi tersebut, dan menyebutkan jika Indonesia berada di Ring of Fire.

Warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terdampak hujan abu vulkanik Gunung Semeru yang erupsi, Sabtu (4/12/2021) sore. [Instagram@media.virals]
Warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terdampak hujan abu vulkanik Gunung Semeru yang erupsi, Sabtu (4/12/2021) sore. [Instagram@media.virals]

"Indonesia terletak di antara dua lempeng benua pada apa yang dikenal sebagai Cincin Api, sebuah pita di sekitar cekungan Samudra Pasifik yang menyebabkan aktivitas tektonik dan vulkanik tingkat tinggi," lapor CNN.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengungkapkan jika akibat bencana tersebut, sebanyak 65 warga mengungsi di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Menurutnya petugas BPBD dan dinas sosial sudah bergerak ke lokasi untuk menjemput warga yang terjebak di dalam rumah dan tidak berani keluar karena abu vulkanik cukup tebal.

Hujan abu vulkanik menyebabkan sejumlah wilayah di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro gelap seperti malam hari, sehingga Pemkab Lumajang akan membuka posko pengungsian di Kamar Kajang dan Pronojiwo.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) meletus yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal di Kabupaten Lumajang.

Sementara Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto mengatakan letusan Semeru berupa awan panas guguran pada 4 Desember 2021 diawali dengan luncuran lahar pada pukul 13.30 WIB.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar