alexametrics

Kirim Logistik dan Personel Bantu Korban Erupsi Semeru, Pemprov DKI: Bentuk Kesetiakawanan

Rizki Nurmansyah | Fakhri Fuadi Muflih
Kirim Logistik dan Personel Bantu Korban Erupsi Semeru, Pemprov DKI: Bentuk Kesetiakawanan
Sebanyak 60 anggota perwakilan OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta melakukan apel jelang keberangkatan misi kemanusiaan membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru di kantor BPBD DKI Jakarta, Senin (6/12/2021). [Dok. PPID Jakarta]

"Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kita kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang."

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut bereaksi atas musibah erupsi Gunung Semeru yang berdampak bagi warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Dalam hal ini, Pemprov DKI mengirimkan bantuan berupa logistik dan personel untuk membantu warga terdampak.

Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, sebanyak delapan truk yang mengangkut bantuan logistik diberangkatkan ke Kabupaten Lumajang bersama dengan 60 anggota perwakilan OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

OPD yang terlibat di antaranya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Tagana Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik).

Baca Juga: Kominfo Ungkap Daftar Operator yang Terganggu Akibat Letusan Gunung Semeru

Bantuan logistik yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin sesuai dengan kebutuhan warga di lokasi bencana.

"Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kita kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang, dan koordinasi dengan baik menanyakan kondisi lapangan, serta kebutuhan apa yang diperlukan untuk bisa membantu warga di sana," ujar Sabdo kepada wartawan, Senin (6/12/2021).

Sabdo mengatakan, pengiriman bantuan ini sebagai wujud kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan daerah lain di Indonesia dalam misi kemanusiaan.

Khususnya Kabupaten Lumajang yang saat ini sedang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Ini bentuk kesetiakawanan, kebersamaan, kerja sama yang betul-betul kita wujdukan dengan nyata," pungkas Sabdo.

Baca Juga: Risma Cecar Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru, Ahli Vulkanologi: Jangan Marah-marah

Komentar