alexametrics

Nasib Buaya Terlalu Pemalu, Tak Berani Muncul dan Berakhir Mati Tenggelam

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Nasib Buaya Terlalu Pemalu, Tak Berani Muncul dan Berakhir Mati Tenggelam
Ilustrasi buaya. (AFP)

Buaya yang tenggelam biasanya berkaitan dengan penyakit pernapasan.

Suara.com - Seekor buaya 'pemalu' yang tak berani muncul ke permukaan mati tenggelam di Liuzhou, Guangxi Zhuang, China Selatan.

Menyadur Global Times Selasa (7/12/2021), peternak menyebut buaya seberat 100 kg ini mudah ketakutan sehingga hampir tak pernah keluar dari air.

Meski begitu, ahli tak langsung setuju dengan pendapat peternak dan mencatat buaya yang tenggelam biasanya berkaitan dengan penyakit.

Menurut mereka, kasus buaya tenggelam di dasar air sangat jarang terjadi dan ini dikaitkan dengan penyakit yang mendasari, yang menyebabkan hewan tak bisa bernapas dengan benar.

Baca Juga: Selamat Dari Serangan Buaya saat Arung Jeram, Remaja Ini Lega Tak Kehilangan Kakinya

Insiden itu diposting oleh seorang karyawan peternakan buaya di Liuzhou. Ia menyebutnya sebagai buaya pemalu dan berkata baru kali ini melihat buaya tenggelam.

Ilustrasi buaya. [Covesia]
Ilustrasi buaya. [Covesia]

"Itu adalah buaya pemalu, yang menyelam ke dalam air dan menolak untuk keluar karena ketakutan, yang akhirnya menyebabkan tragedi itu," jelas peternak itu.

Warganet yang melihat kejadian ini bertanya-tanya, mengapa hewan ini kehilangan kemampuannya untuk berenang, mengingat darat dan air adalah habitatnya.

Menjawab pertanyaan itu, ahli hewan menunjukkan buaya biasanya menyelam dan muncul ke permukaan untuk menghirup udara melalui paru-paru mereka.

Dengan demikian, kejadian tenggelam yang jarang terjadi dalam kasus ini kemungkinan disebabkan oleh penyakit yang membuat buaya tidak bisa bernapas dengan baik.

Baca Juga: Sedang Ambil Air, Warga di Maluku Utara Tewas Diterkam Buaya

Komentar