facebook

5 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang Perlu Diketahui

Chyntia Sami Bhayangkara
5 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang Perlu Diketahui
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan Hindu Budha di Indonesia (YouTube Berbagi Tahu)

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam sejarah Indonesia. Berikut daftar kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Suara.com - Kerajaan Hindu Budha di Indonesia telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam sejarah Indonesia. Sama seperti kerajaan Hindu di Indonesia, agama Buddha di Indonesia juga memiliki kerajaannya yang membawa budaya yang berbeda.

Catatan sejarah tentang kerajaan Budha di Indonesia yang ada antara abad keempat Masehi hingga sekitar abad ke-16 Masehi. Meskipun kerajaan Hindu ada sebelumnya, tetapi baik Hindu maupun Budha dapat hidup bersama pada waktu itu. Simak daftar kerajaan Hindu Budha di Indonesia berikut.

Berikut kami rangkum penjelasan dari Factsofindonesia.com, kerajaan hindu budha di Indonesia.

1. Kerajaan Sriwijaya

Baca Juga: 9 Fakta Varian Omicron Masuk Indonesia, Pasien Petugas Kebersihan Tanpa Gejala

Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan Buddha paling populer yang ada antara 600 hingga 1183 abad Masehi. Kerajaan ini mampu menaklukkan begitu banyak daerah baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Kerajaan Sriwijaya menyebar daerah penakluknya dari Palembang dan sebagian besar wilayah Sumatera, kemudian menyebar ke Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tidak hanya menaklukkan Indonesia, tetapi juga hingga Melayu, Kamboja, dan selatan Thailand.

Sriwijaya menjadi pedagang paling sukses dalam sejarah Indonesia menggunakan tentara laut mereka. Ada begitu banyak bukti tentang kerajaan kuil-kuil seperti itu dan prasasti menyebar di daerah-daerah yang menaklukkan.

2. Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga menjadi kerajaan Budha tertua di Indonesia yang ada sejak sekitar abad keempat Masehi. Seiring berjalannya waktu, kerajaan Kalingga dibagi menjadi dua kerajaan saat agama Hindu mencapai sekitar kerajaan.

Baca Juga: Varian Omicron Masuk Indonesia, Wapres Ma'ruf Perintahkan Seluruh Pemda Lakukan Pencegahan

Kerajaan Kalingga gigih dengan agama Buddha mereka di Indonesia, tetapi yang lain memilih untuk menjadi Hindu dan membangun kerajaan Medang di bawah raja Rakai Mataram.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar