facebook

Jelang Peringatan HKSN 2021, Mensos: Tugas Kita Menolong dan Mencari Solusi

Fabiola Febrinastri
Jelang Peringatan HKSN 2021, Mensos: Tugas Kita Menolong dan Mencari Solusi
Mensos, Tri Rismaharini di Kepulauan Bangka Belitung. (Dok: Kemensos)

Mensos menyerahkan bantuan Atensi senilai total Rp1.477.295.580.

Suara.com - Menteri Sosial, Tri Rismaharini memulai rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2021 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan pertama dimulai dengan penyerahan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) di Kota Pangkal Pinang. Setelah itu, Mensos dan rombongan bergerak ke lokasi banjir rob di Batu Berlubang, Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam sambutannya di Rumah Dinas Wali Kota, Mensos mengajak semua pihak bersama bergandengan tangan menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di sekitar.

"Tolong kita jangan diam saja. Kalau kita ikhlas menolong orang, anak kita atau cucu kita juga akan ditolong orang. Sudah tugas kita yang mendapatkan amanah untuk memikirkan anak yatim, membantu orang miskin dan untuk mencari solusi dari orang yang memang punya masalah," kata Mensos, di Pangkal Pinang, Sabtu (18/12/2021)

Baca Juga: Untuk Tingkatkan Respons Cepat, Mensos Dorong Percepatan Command Center

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Sekjen Kemensos Harry Hikmat, Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, Dirjen Penaganan Fakir Miskin, Asep Sasa Purnama, dan Forkompimda Kota Pangkal Pinang.

Pada bagian lain sambutannya, Mensos menekankan, keterpanggilan dan kerelaan membantu masyarakat yang tengah menghadapi masalah, itulah esensi dari HKSN.

"Bukan seremonialnya, bukan hanya acaranya, tapi adalah saat kita terpanggil membantu masyarakat di sekitar yang tertimpa masalah," katanya.

Khusus kepada para pendamping sosial, Mensos berpesan untuk bekerja tanpa kenal pamrih. Sebagai ujung tombak Kemensos di tengah masyarakat, pendamping punya kewajiban merespon cepat dinamika di lapangan.

"Teman-teman pendamping, saya minta laporkan permasalahan di lapangan. Nanti ada command center yang bisa diakses. Laporkan di situ permasalahan yang kalian temui di lokasi tugas," katanya.

Baca Juga: HKSN 2021, Kemensos Libatkan Masyarakat dan Pilar Sosial Gelar Kerja Bakti

Di Rumah Dinas Wali Kota Pangkal Pinang, Mensos menyerahkan bantuan Atensi senilai total Rp1.477.295.580. Batuan terdiri dari bantuan Atensi untuk anak yatim, piatu dan yatim piatu, kewirausahaan, aksesibilitas, dan kebutuhan dasar. Total penerima bantuan sebanyak 919 orang.

Komentar