facebook

Apa Saja Amalan Sebelum Tidur yang Perlu Dilakukan?

Rifan Aditya
Apa Saja Amalan Sebelum Tidur yang Perlu Dilakukan?
Apa Saja Amalan Sebelum Tidur yang Perlu Dilakukan?

Tahukah kalian apa saja amalan sebelum tidur yang dapat dikerjakan seorang muslim? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Suara.com - Tahukah kalian apa saja amalan sebelum tidur yang dapat dikerjakan seorang muslim? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Sebenarnya, ada beberapa amalan sebelum tidur yang dilakukan oleh Rasulullah SAW agar tidur bernilai seperti ibadah. Yang pertama adalah berwudhu sebelum tidur. Lalu mengibas kasur sebelum tidur di atasnya. Dan membaca doa sebelum tidur

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si Fulan karena tidur dalam keadaan suci", (HR Ibn Hibban). 

Bacaan Doa Sebelum Tidur

Baca Juga: 6 Adab Tidur Menurut Rasul dan Doa Sebelum Tidur

Berikut ini adalah bacaan doa sebelum tidur yang perlu dipanjatkan sebagai amalan sebelum tidur.

"Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut", yang artinya: "Dengan nama Engkau, ya Allah, aku hidup dan aku mati".

Setidaknya, ada tiga makna yang terkandung di dalam doa sebelum tidur, yaitu:

1. Tidur Sama dengan Mati

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW: “Tidur itu temannya mati", (HR Baihaqi, Thabrani dan Bazzar).

Baca Juga: Umur Tak Ada yang Tahu, Baca Doa Tidur agar Dilindungi Allah SWT

Kenapa tidur dikatakan sebagai saudaranya mati? Karena pada saat tidur, panca indra serta kesadaran manusia tidak berfungsi atau sama dengan mati. Hanya denyut jantung, tarikan napas, dan juga aspek fisik lainnya saja yang menandakan seseorang masih hidup. Al Quran menggambarkan peristiwa tidur sebagai berikut “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan…”, (QS Az-Zumar: 42).

2. Tadabbur sebelum Tidur

Mengingat kehidupan dan juga kematian sebelum tidur dapat menjadi tadabbur dan mengingat kekuasaan Allah SWT. Pasalnya saat tidur, seseorang ‘sedang dimatikan’ oleh Allah SWT untuk sementara waktu.

Untuk itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Bahkan dalam Islam, tidur adalah contoh kematian yang Allah SWT ajarkan kepada manusia di dunia supaya menjadi pelajaran berharga di akhirat kelak. 

3. Pasrah kepada Pemilik Kehidupan dan Kematian

Doa sebelum tidur juga mengandung pesan kepasrahan terhadap sang pemilik kehidupan dan kematian, yaitu Allah SWT. Pada saat tidur, seseorang tidak mampu menguasai diri sendiri. Bahkan, seseorang tidak akan mengetahui apakah masih ada hari esok untuknya setelah tidur atau tidak. Selain itu, ada juga doa sebelum tidur untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. 

Diriwayatkan dari Aisyah RA “Jika beliau hendak tidur, maka beliau meniupkan nafas kedua tangannya dan membaca Al-mua’awwidzat lalu mengusapkannya ke tubuhnya", (HR Bukhari dan Muslim).

Hal tersebut termasuk dalam cara memohon kepada Allah SWT perlindungan dari apa yang mungkin yang terjadi nanti. Surah Mu’awwidzaat merupakan dua surah terakhir dalam Alquran, yaitu surat Al Falaq dan surat An Naas.

Itulah penjelasan tentang amalan sebelum tidur yang dapat kalian kerjakan. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberi berkah-Nya.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar