facebook

6 Adab Tidur Menurut Rasul dan Doa Sebelum Tidur

Rifan Aditya
6 Adab Tidur Menurut Rasul dan Doa Sebelum Tidur
6 Adab Tidur Menurut Rasul dan Doa Sebelum Tidur - Ilustrasi Tidur. [pexels.com]

Dalam ajaran agama Islam semua aktivitas yang dilakukan sudah ditetapkan berdasarkan tata cara, salah satunya adalah ketika ingin tidur. Bagaimana doa sebelum tidur itu?

Suara.com - Dalam ajaran agama Islam semua aktivitas yang dilakukan sudah ditetapkan berdasarkan tata cara, salah satunya adalah ketika ingin tidur. Bagaimana doa sebelum tidur itu?

Seperti yang kita ketahui bahwa saat kita tidur arwah yang bersemayam di dalam tubuh kita akan keluar meninggalkan jasad kita, maka dari itu terdapat beberapa tata cara dan adab yang mengatur tentang apa yang kita lakukan ketika ingin tidur. Salah satu-nya dengan berdoa dan menjalankan adab-adab yang diajarkan Rasulullah.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang 6 adab tidur menurut Rasul dan doa sebelum tidur.

Doa Sebelum Tidur

Baca Juga: Umur Tak Ada yang Tahu, Baca Doa Tidur agar Dilindungi Allah SWT

Alangkah baiknya setiap aktivitas yang akan kita lakukan dimulai dengan membaca doa agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk ketika akan tidur. Berikut adalah bacaan doa sebelum tidur yang dapat anda bacakan:

Bismika rabba wadha’tu janbî wabismika arfa’uhu faghfirli dzanbi. Allahuma qinî ‘adzabaka yauma tab’atsu ‘ibadaka. Allahumma bismika ahya wa amut, Allahumma inni a‘udzubika min-syarri kulli dzi syarrin. Wa min syarri kulli dabbatin anta akhidzun binashiyatiha, inna rabbi ’ala shirathin mustaqam.

Artinya: "Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga Engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari di mana Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus."

6 Adab Tidur Ajaran Rasul

Mengutip dalam berbagai sumber, terdapat beberapa tata cara yang dilakukan oleh Rasulullah. Mengingat bahwa Rasulullah SAW adalah panutan bagi setiap pemeluk agama Islam, setiap adab yang diajarkan oleh beliau mengandung makna-makna baik dalam kehidupan.

Baca Juga: Jangan Besar Kepala, Ini Doa Ketika Dipuji dalam Islam

Berikut adalah 6 adab tidur menurut Rasulullah yang dapat anda contoh:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar