facebook

Keutamaan Sholawat Jibril untuk Segala Macam Hajat

Rifan Aditya
Keutamaan Sholawat Jibril untuk Segala Macam Hajat
Keutamaan Sholawat Jibril (Freepik)

Sholawat Jibril memiliki banyak sekali keutamaan, salah satu di antaranya adalah dibukakan tujuh puluh pintu rahmat. Apa keutamaan sholawat jibril selain itu?

Suara.com - Sholawat Jibril sangatlah simple dan pendek, tetapi ada ketentuan khusus ketika ingin membacanya. Sholawat Jibril adalah salah satu sholawat yang banyak diamalkan oleh orang muslim khususnya di Indonesia. Apa saja keutamaan sholawat jibril?

Dinamakan Sholawat Jibril karena sholawat yang satu ini pertama kali diucapkan oleh Malaikat Jibril saat membisiki Nabi Adam AS sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa. Untuk lebih tahu, simak penjelasan tentang bacaan dan keutamaan keutamaan sholawat jibril berikut ini.

Berikut lafadz bacaan sholawat jibril:

"SHALLALLAAHU ‘ALAA MUHAMMAD", yang artinya:  “Semoga Allah SWT selalu melimpahkan sholawat kehadirat beliau Nabi Muhammad SAW".

Baca Juga: 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Bacalah Rutin Agar Mendapat Banyak Syafaat!

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

Al Imam Assya’rany menceritakan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca sholawat ini, niscaya terbuka baginya tujuh puluh pintu rahmat. Dan Allah SWT akan meletakkan sebuah cinta kasih (mahabbah) pada harinya, dan tidak ada orang yang benci kepadanya kecuali orang-orang yang hatinya munafik".

Dalam Kitab Afdholus Sholawat, keutamaan Sholawat Jibril cukup banyak, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dibukakan 70 pintu rahmat. Sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah SAW, “Barang siapa membaca sholawat ini maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya", (HR Imam Sya’roni).
  • Membaca sholawat ini secara rutin juga dipercaya bisa bermimpi bertemu dan melihat Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan dari As-Sakhawi, berikut kisahnya: "Ada seorang laki-laki dari Syiria menghadap Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan bahwa ayahya telah tua renta nan buta. Meski begitu, ia ingin melihat Nabi. Lalu disarankan untuk membaca shalawat Jibril. Kemudian, ia melantunkan sholawat tersebut sebagai dzikir. Akhirnya, ia dapat melihat Rasul dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadis dari beliau".
  • Dicintai Allah SWT dan Rasul. Rasulullah SAW bersabda: "Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan solawat ke atas Muhammad”, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah SWT mencintainya".

Anjuran Perbanyak Sholawat

Membaca sholawat adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Hal ini karena Allah SWT bersama para malaikat-Nya pun juga bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana tertuang dalam dalam Al-Quran Surah Al Ahzab ayat 56 sebagai berikut:

Baca Juga: Lengkap Sholawat Nabi untuk Hajat, Baca saat Mencari Kerja atau Kesulitan Usaha

"Sesungguhnya Allah SWT dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk banyak membaca sholawat agar mendapatkan syafaatnya dan rahmat dari Allah SWT. Salah satunya sholawat jibril. 

Demikian penjelasan tentang bacaan dan keutamaan sholawat jibril yang perlu diketahui oleh orang Islam. Ayo diamalkan.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar