facebook

5 Keutamaan Surat Ar-Rahman: Mendapat Ridho Allah hingga Bisa Mati Syahid

Chyntia Sami Bhayangkara
5 Keutamaan Surat Ar-Rahman: Mendapat Ridho Allah hingga Bisa Mati Syahid
Ilustrasi sholat, keutamaan surat ar-rahman (Freepik)

Berikut ini adalah keutamaan surat Ar-Rahman yang wajib untuk diketahui.

Suara.com - Surat Ar-Rahman merupakan surat ke-55 dalam Al-Quran yang terdiri dari 78 ayat. Surat yang diturunkan di kota Mekkah ini berisikan tentang kemurahan dan kenikmatan yang luar biasa diberikan oleh Allah SWT kepada para makhluk-Nya, tidak terkecuali kepada manusia. Apa saja keutamaan surat Ar-Rahman?

Surat Ar-Rahman diambil dari salah satu nama Allah SWT yang memiliki arti “Maha Pemberi nikmat dunia-akhirat”. Melalui surat ini, Allah SWT menyampaikan segala aspek kehidupan yang wajib untuk disyukuri oleh ciptaan-Nya atas segala kenikmatan. Simak keutamaan surat Ar-Rahman berikut.

Bahkan ada satu penggalan dalam surat Ar-Rahman yang diulang sebanyak 31 kali karena memiliki makna yang mendalam yaitu:

“Fa bi ayyi ala`i rabbikuma tukazziban”

Baca Juga: Keutamaan Sholawat Jibril untuk Segala Macam Hajat

Artinya: “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Surat Ar-Rahman memiliki banyak keutamaan bagi siapa saja yang membacanya. Berikut ini adalah keutamaan surat Ar-Rahman yang telah dirangkum oleh Suara.com dan wajib untuk diketahui.

1.  Mendapatkan ridho dari Allah SWT

Keutamaan pertama yang didapat oleh muslim yang membaca surat Ar-Rahman adalah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang berbunyi, “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya (Ar-Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum,

pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri dihadapan Allah yang paling dekat dengan-Nya selainnya. Pada saat itu Allah SWT berfirman: siapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Rabbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan ia berkata kepada mereka, berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian.

Baca Juga: 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Bacalah Rutin Agar Mendapat Banyak Syafaat!

Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggalah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar