facebook

Harta Kekayaan Tumiyana dan Bisnisnya, Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Punya Rp 90 Miliar dan Ribuan Sapi

Rifan Aditya
Harta Kekayaan Tumiyana dan Bisnisnya, Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Punya Rp 90 Miliar dan Ribuan Sapi
Harta Kekayaan Tumiyana dan Bisnisnya, Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Punya Rp 90 Miliar dan Ribuan Sapi - Tumiyana atau Tumiyono yang disebut-sebut jadi calon pemimpin ibu kota negara baru (tangkapan layar Youtube Widodo Makmur TV)

Berikut ini harta kekayaan Tumiyana dan bisnisnya, pria yang disebu-sebut menjadi calon pemimpin ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Suara.com - Tumiyana digadang-gadang menjadi salah satu calon pemimpin ibu kota negara baru (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo. Hal yang menarik untuk dikulik adalah harta kekayaan Tumiyana dan bisnisnya.

Sebab jika dilihat dari laporannya, harta kekayaan Tumiyana dan bisnisnya cukup fantastis. Tumiyana memiliki lebih dari Rp 90 miliar dan bisnis ribuan sapi.

Sementara itu, nama Tumiyana tentu sudah tidak asing di sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tumiyana merupakan Direktur Utama PT Wijaya Karya atau Wika. Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Wika, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk selama dua periode yakni 2008-2016 dan 2016-2018. 

Selain menjabat sebagai Direktur Utama Wika, Tumiyana juga menjabat sebagai Komisaris di PT Kereta Cepat Indonesia China. Saat ini, Tumiyana adalah Chairman dan CEO PT Widodo Makmur Perkasa Tbk dan Komisaris PT Widodo Makmur Unggas Tbk. 

Baca Juga: Biodata Tumiyana, Calon Pemimpin Nusantara, Ibu Kota Negara Baru di Kaltim, Bos Peternakan Sapi di Klaten

Bisnis Tumiyana

Sebelum menjabat di BUMN, terlebih dahulu Tumiyana dikenal sebagai pengusaha juragan sapi. Tumiyana pertama kali menggeluti dunia bisnis sejak tahun 1995. Saat itu, ia mengajukan pinjaman ke bank sebesar Rp 200 juta sebagai modal dan memutuskan berbisnis sapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pada awalnya ia memulai berbisnis dengan 16 ekor sapi kini sudah menjadi puluhan ribu ekor sapi. Pilihannya untuk melakukan investasi untuk berbisnis sapi ternyata pilihan yang tepat bagi Tumiyana.

Akhirnya usaha bisnis sapi miliknya ternyata sukses hingga ia membuatnya merambah ke bisnis beras pada tahun 2012. Ia bahkan cukup dikenal di kalangan publik figure dan selebriti.

Tumiyono atau Tumiyana bersama Raffi Ahmad (instagram/tumiyana_widodomakmur)
Tumiyono atau Tumiyana bersama Raffi Ahmad (instagram/tumiyana_widodomakmur)

Harta Kekayaan Tumiyana Berdasarkan e-LHKPN

Baca Juga: Profil Bambang Brodjonegoro, Eks Menristek yang Masuk Bursa Pemimpin Ibu Kota Negara Nusantara

Berdasarkan laporan e-lhkpn yang dilaporkan pada 29 Maret 2019, Tumiyana memiliki total 61 tanah dan bangunan senilai Rp 38.185.300.000. Sebagian besar tanah dan bangunan milik Tumiyana berada di Bogor, Jakarta Timur, Slemanm, Bekasi dan Klaten.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar