facebook

Siapa Bambang Brodjonegoro: Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru

Rifan Aditya
Siapa Bambang Brodjonegoro: Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. (Suara.com/Stephanus)

Berikut ini informasi singkat mengenai siapa Bambang Brodjonegoro.

Suara.com - Presiden Joko Widodo telah menetapkan nama Nusantara sebagai nama ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Tidak hanya itu, ada 4 nama calon pemimpin ibu kota negara baru tersebut, salah satunya adalah Bambang Brodjonegoro. Lantas siapa Bambang Brodjonegoro? Simak ulasannya berikut ini.

Untuk lebih mengenal siapa Bambang Brodjonegoro yang dikabarkan menjadi calon pemimpin ibu kota negara baru, simak penjelasan profilnya di bawah ini.

Profil Bambang Brodjonegoro

Bambang Brodjonegoro adalah salah satu kandidat nama pemimpin ibu kota negara baru. Terdapat empat nama yang diusulkan menjadi calon pemimpin ibu kota "Nusantara" seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Abdullah Azwar Anas, Tumiyana dan Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga: Harta Kekayaan Tumiyana dan Bisnisnya, Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Punya Rp 90 Miliar dan Ribuan Sapi

Nantinya, ibu kota negara akan dikelola secara khusus oleh sebuah badan otorita yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Badan otorita tersebut merupakan lembaga setingkat kementerian yang bertanggungjawab atas pembangunan dan pemindahan serta penyelenggaraan pemerintahan.

Bambang Brodjonegoro adalah pria yang lahir di Jakarta pada 3 Oktober 1966. Ia dikenal luas sejak menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2014 hingga 2016. 

Riwayat Pendidikan Bambang Brodjonegoro

Bambang pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1990 pada konsentrasi Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional.

Pada tahun 1991, ia memutuskan melanjutkan program magister di University of Illinois, Amerika Serikat dan melanjutkan program doktoral di kampus yang sama hingga lulus pada tahun 1997.

Baca Juga: Soal Ibu Kota Negara Baru, Rocky Gerung Sebut Ada Menteri Jokowi yang Kurang Setuju

Perjalanan Karier Bambang Brodjonegoro

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar