facebook

Elit Partai PAN Mulai Intens Jalin Komunikasi dengan Ridwan Kamil, Penjajakan Buat Pilpres 2024?

Erick Tanjung | Bagaskara Isdiansyah
Elit Partai PAN Mulai Intens Jalin Komunikasi dengan Ridwan Kamil, Penjajakan Buat Pilpres 2024?
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil [Foto: Antara]

Namun soal apakah PAN akan merangkul atau mengusung Emil di Pilpres 2024, keputusan ada di tangan Zulhas, kata Viva Yoga.

Suara.com - Wakil Ketua Umum Partai PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki hubungan dekat dengan Zulkifli Hasan. Bahkan, kata Viva, pria yang akrab disapa Emil itu sudah seperti saudara sendiri oleh elit PAN.

"Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dan Kang Emil adalah sohib, teman dekat sejak lama. Makanya bagi PAN, Kang Emil kami anggap bukan orang lain, tetapi sudah menjadi saudara sendiri," kata Viva kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Viva mengatakan, beberapa kali Zulkifli dan Emil bertemu dan berdiskusi tentang politik nasional. Menurutnya, visi dan pemikiran Emil cocok dan selaras dengan platform PAN.

"Makanya menurut saya, Kang Emil merasa at home bersama bang Zul dan PAN," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dukung Syaikhona Kholil Bangkalan Jadi Pahlawan Nasional

Viva menilai, Emil sebagai figur memang memiliki elektabilitas cukup baik dan berpotensi masuk radar utama untuk dimasukkan sebagai salah satu figur di Pilpres. Namun soal apakah PAN akan merangkul atau mengusung Emil di Pilpres 2024, keputusan ada di tangan Zulhas.

"Nanti akan diputuskan oleh ketua umum PAN melalui forum Rakernas. Karena dari hasil Rakernas ke 1 PAN pada Agustus 2021 lalu memutuskan bahwa ketua umum PAN diberi kewenangan untuk menentukan langkah-langkah strategis di pilpres. Saat ini kami masih terus menjalin komunikasi persaudaraan dengan Kang Emil," tuturnya.

Kesiapan RK

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyatakan telah siap lahir maupun batin untuk ikut maju Pilpres 2024 mendatang.

“Lahir batin sudah siap, tinggal masalah warna (partai) apa saya kabari nanti,” kata Eamil saat konferensi pers di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/1) lalu.

Baca Juga: Janur Kuning Belum Melengkung, PKB Persilakan Ridwan Kamil Gabung jika Mau Nyapres

Emil mengaku masih mempersiapkan dan memilih partai yang sesuai dan sejalan dengan keinginannya. Keyakinan yang dijunjungnya tinggi yaitu konsisten untuk terus memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar