facebook

Bacalah Doa Turun Hujan dan Setelah Hujan Ini, Niscaya Akan Selalu Berada dalam Lindungan Allah SWT

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacalah Doa Turun Hujan dan Setelah Hujan Ini, Niscaya Akan Selalu Berada dalam Lindungan Allah SWT
Ilustrasi doa, doa turun hujan (elemen envato)

Simak berikut doa turun hujan dan doa setelah hujan yang bisa kamu amalkan.

Suara.com - Hujan adalah nikmat yang Allah SWT ciptakan. Seandainya setiap orang mengamalkan doa turun hujan, tentu saja turunnya hujan akan menjadi nikmat terindah. Berikut ini beberapa amalan dan doa turun hujan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Doa Turun Hujan

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha, “Nabi SAW ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an”, yang artinya: "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". (HR Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan", (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah).

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Amalkan Doa Ini Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Dilancarkan Rezeki

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dua do’a yang tidak akan ditolak, yaitu doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan", (HR Al Hakim dan Al Baihaqi).

Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Nabi Muhammad SAW suatu saat pernah meminta diturunkan hujan. Kemudian ketika hujan turun begitu lebatnya, lantas Nabi memohon pada Allah SWT agar cuaca kembali menjadi cerah. Nabi SAW berdoa, "Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari", yang artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan”, (HR Bukhari no. 1014)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa doa turun hujan seperti yang telah disebutkan di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya.

Doa Setelah Turun Hujan

Baca Juga: Bacaan Doa Mau Tidur Beserta Keutamaannya

Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Nabi SAW melakukan sholat subuh bersama kami di Hudaibiyah setelah hujan turun pada malam harinya. Tatkala hendak pergi, beliau menghadap jama’ah sholat, lalu mengatakan, ”Apakah kalian mengetahui apa yang dikatakan Rabb kalian?” Kemudian mereka mengatakan,”Allah SWT dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar