facebook

Berapa Hari Libur Imlek 2022 di Indonesia? Simak Ketentuannya dari SKB 3 Menteri Berikut

Chyntia Sami Bhayangkara
Berapa Hari Libur Imlek 2022 di Indonesia? Simak Ketentuannya dari SKB 3 Menteri Berikut
Ilustrasi Imlek, berapa hari libur Imlek (chinahighlights.com)

Hari libur imlek 2022 berlangsung pada 1 Februari 2022. Lantas, berapa hari libur Imlek?

Suara.com - Berapa hari libur Imlek di Indonesia? Libur tahun baru Imlek 2022 sudah ditetapkan dalam surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021.

Dalam SKB tersebut diatur tentang hari libur dan cuti bersama 2022 termasuk berapa hari Imlek 2022. Imlek 2022 jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022. Selama hari libur Imlek, sekolah dan kantor bisnis seperti perbankan, perkantoran pemerintah, dan kantor-kantor lain pada umumnya libur. 

Dari informasi di atas, kita ketahui bahwa berapa hari libur Imlek 2022 di Indonesia ditentukan bersama oleh otoritas berwenang. Dari keterangan di atas kita tahu, hari libur Imlek di Indonesia hanya satu hari.

Tahun Baru Imlek adalah hari pertama Tahun Baru dalam kalender China, yang berbeda dari kalender Gregorian. Selama hari libur Imlek, biasanya akan ada festival Imlek. Festival ini juga dikenal sebagai Festival Musim Semi atau Tahun Baru China. Setiap tahun diwakili oleh tanda zodiak hewan. Tahun 2022 akan jadi tahun untuk Macan Air berdasarkan kalender lunar China.

Baca Juga: Imlek Apa Artinya? Ini Penjelasannya Lengkap dengan Asal Usul Imlek yang Wajib Diketahui

Sebagai tambahan informasi, apa itu kalender lunar China dan cara kerjanya?Dilansir dari Chinahighlights.com, kalender China juga disebut kalender lunar, kalender yin atau kalender Xia di Cina. Kalender China didasarkan pada orbit bulan dan bumi. Ketika bulan bergerak ke garis dengan bumi dan matahari, itu datang hari pertama bulan lunar.

Jadi ada 29 atau 30 hari dalam sebulan. Ada 12 atau 13 bulan dalam satu tahun lunar. Selama 12 bulan, akan ada 354 atau 355 hari dalam setahun. Untuk mengkompensasi 10 hari lainnya dengan kalender Gregorian, ada bulan kabisat selama sekitar 2 atau 3 tahun lunar. 

Di China kuno, kalender China digunakan untuk memilih tanggal untuk pertanian, pernikahan, dan membangun dan pindah ke rumah-rumah baru. Saat ini, kebanyakan orang China menggunakan kalender Gregorian untuk pengaturan kehidupan sehari-hari mereka. Tetapi kebanyakan orang China masih peduli dengan tanggal lunar karena festival tradisional didasarkan pada kalender lunar.

Hari Kalender China

Orang China kuno menggunakan 12 sistem surgawi dan 10 cabang duniawi untuk menyebutkan setiap jam sehari. Sistem jam-menit-detik Barat dibawa ke Cina di Dinasti Qing (1644-1912). Pada kalender China, semua tanggal menggunakan dua karakter biasa.

Baca Juga: 25 Kata-kata Ucapan Imlek 2022 yang Menyentuh dan Penuh Makna, Bisa Langsung Dikirim ke Kerabat Terdekat

  • Hari 1 sampai 10 bulan ditulis dengan karakter nomor Cina dan didahului oleh karakter hCina chu, yang berarti 'awal' atau 'pertama'.
  • Hari 11 hingga 20 ditulis sebagai angka Cina dua karakter biasa. Misalnya, shiwu adalah hari ke-15 dalam sebulan, dan ershi adalah yang ke-20.
  • Hari 21 sampai 29 ditulis dengan karakter nian, yang berarti '20' sebelum karakter 'satu' sampai 'sembilan'. Misalnya, niansan adalah hari ke-23 dalam sebulan.
  • Hari 30 ditulis sebagai 30 biasanya dalam bahasa Cina: sanshi.

Demikian itu informasi tentang berapa hari libur Imlek dan hubungannya dengan kalender China.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar