facebook

Foto Bersama Tersangka Suap Ekspor Minyak Goreng Beredar di Medsos, Ini Penjelasan Moeldoko

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Foto Bersama Tersangka Suap Ekspor Minyak Goreng Beredar di Medsos, Ini Penjelasan Moeldoko
Nama Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko buka suara terkait foto dirinya bersama Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor.[SuaraSulsel.id/Kantor Staf Presiden RI]

Moeldoko menjelaskan kalau foto itu diambil pada 17 April 2019 silam.

Suara.com - Nama Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sempat menjadi bahan omongan warganet karena sebuah foto dirinya bersama Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor. Master Parulian merupakan salah satu tersangka dalam dugaan kasus suap ekspor minyak goreng.

Moeldoko lantas buka suara soal foto dirinya yang tengah bersama MP Tumanggor. Dalam foto tampak keduanya tengah duduk bersebelahan dengan mengenakan kemeja putih.

Moeldoko menjelaskan kalau foto itu diambil pada 17 April 2019 silam. Kala itu keduanya berada dalam sebuah acara di Theater Jakarta.

Acara yang dimaksud ialah nonton bersama perolehan suara melalui hasil hitung cepat yang dihadiri jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf amin di Pemilihan Presiden 2019.

Baca Juga: Tersangka Korupsi Minyak Goreng Jadi Sponsor Klub Persis Solo, Gerakan Perubahan Desak Kejagung Periksa Kaesang

"Itu kan dalam sebuah acara sehingga siapapun bisa foto berdekatan," kata Moeldoko saat dikonfirmasi Suara.com, Sabtu (23/4/2022).

Beredar foto tersangka korupsi minyak goreng MP Tumanggor bareng KSP Moeldoko. (Twitter/@Cozilar_Cup)
Beredar foto tersangka korupsi minyak goreng MP Tumanggor bareng KSP Moeldoko. (Twitter/@Cozilar_Cup)

Moeldoko mengaku hanya kenal selintas dengan MP Tumanggor. Setelah pertemuan itu, ia juga menyebut tidak pernah bertemu lagi dengan sosok MP Tumanggor yang juga mantan bupati Dairi.

Hal tersebut disampaikannya untuk merespon dugaan warganet akan adanya kaitan Moeldoko dengan praktik mafia minyak goreng.

"Sekedar kenal saja, mulai saat itu sampai sekarang enggak pernah ketemu," ujarnya.

Foto yang dimaksud beredar luas di media sosial. Bukan hanya Moeldoko, foto MP Tumanggor dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan juga ikut tersebar.

Baca Juga: Kejagung RI Ungkap Tersangka Kasus Minyak Goreng Bisa Dijerat Hukuman Mati

Foto tersebut termasuk diunggah oleh akun Twitter @OnlyFrens, yang kemudian beredar luas di media sosial, termasuk diunggah ulang akun Instagram @underc0ver.id.

Di foto tersebut terlihat MP Tumanggor bersama Luhut dan kemungkinan potretnya diambil di kantor sang menteri.

Foto ini kemudian mendapat respons, salah satunya dari kader Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana. Lewat akun Twitter-nya, @panca66, ia menjelaskan bahwa MP Tumanggor adalah salah satu orang dekat Luhut.

"Ini MP Tumanggor salah satu tersangka kasus minyak goreng di Kejaksaan Agung. Dia orang dekat opung. Udah tahu kan arah permainannya?" cuitnya pada Rabu (20/4/2022).

Komentar