facebook

Menko Luhut Klaim Mudik Lebaran Tahun Ini Sangat Sukses

Chandra Iswinarno | Stefanus Aranditio
Menko Luhut Klaim Mudik Lebaran Tahun Ini Sangat Sukses
Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram/@luhut.pandjaitan)

Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Panjaitan mengklaim mudik lebaran tahun ini berjalan sukses, baik secara kesehatan maupun perekonomian masyarakat.

Suara.com - Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Panjaitan mengklaim mudik lebaran tahun ini berjalan sukses, baik secara kesehatan maupun perekonomian masyarakat.

Luhut mengatakan, meski mudik lebaran sukses, pemerintah tetap akan memantau perkembangan Pandemi Covid-19 dalam dua pekan mendatang usai libur lebaran.

"Ya sangat sukses bisa kita bilang, tapi kita tidak bisa jemawa dengan ini, anything could happen seperti Amerika kasusnya bisa tinggi tiba-tiba 100 ribu kasus per hari," kata Luhut dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi itu juga menyebut, kebijakan pemerintah membolehkan masyarakat untuk mudik lebaran juga membuat indeks belanja mandiri naik 31 persen karena mobilitas masyarakat meningkat 48,1 persen.

Baca Juga: Update Data COVID-19 Setelah Arus Mudik dan Balik, Luhut: Tak Ada Daerah PPKM Level 4

"Indeks Belanja Mandiri meningkat hingga 31 persen lebih tinggi dibandingkan puncak Lebaran tahun 2021 yang lalu," ujarnya.

Meski pandemi mulai terkendali, pemerintah tetap memperpanjang masa berlaku kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM se-Indonesia hingga waktu yang tidak ditentukan.

Berdasarkan level asesmen hingga 7 Mei 2022, tidak ada kabupaten/kota yang berada di status PPKM Level 4. Hanya Kabupaten Pamekasan yang masih berada di Level 3 akibat level vaksinasi yang tidak memadai.

Aturan teknis pelonggaran PPKM nantinya akan diterbitkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri dan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Baca Juga: Sempat Berkunjung ke Amerika Serikat, Luhut: Ramai-ramai Kita Kena Omicron

Komentar