facebook

Polisi Diminta Usut Tuntas Pelaku Teror Ledakan di Kantor LBH Papua

Dwi Bowo Raharjo | Stefanus Aranditio
Polisi Diminta Usut Tuntas Pelaku Teror Ledakan di Kantor LBH Papua
LBH Papua melaporkan peristiwa ledakan di kantor mereka di Jalan Gerilyawan, Nomor 46, Kamkey, Jayapura yang diduga dilakukan oleh orang tak dikenal pada Senin (9/5/2022) sekitar pukul 04.00 WIT. [Ist]

"Personel Polsek Abepura sudah mendatangi tempat kejadian perkara untuk penyelidikan awal."

Suara.com - Lembaga Bantuan Hukum Papua melaporkan peristiwa ledakan di kantor mereka di Jalan Gerilyawan, Nomor 46, Kamkey, Jayapura yang diduga dilakukan oleh orang tak dikenal pada Senin (9/5/2022) sekitar pukul 04.00 WIT.

Ketua LBH Papua Emanuel Gobay mengatakan pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada Polda Papua dan pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Tadi saya ke Ditreskrimum saya diperiksa sebagai saksi pelapor tadi kurang lebih jam 15.00-17.00 WIT, setelah itu tim yang piket bersama saya ke kantor LBH untuk melakukan olah TKP," kata Emanuel saat dihubungi Suara.com, Senin (9/5/2022).

Laporan kasus ini sudah tercatat dengan nomor laporan LP/B/103/V/2022/SPKT/POLDA PAPUA pada tanggal 9 Mei 2022.

Baca Juga: Ledakan di Kantor LBH Papua Oleh Orang Tak Dikenal, Polisi Tunggu Korban Melapor

"Kami berharap polisi dengan kewenangan yang diberikan bisa menangkap siapa yang melakukan dan memastikan pelaku melakukan atas dasar apa, agar tidak menimbulkan spekulasi kemana-mana," tuturnya.

Dia menjelaskan kronologi berawal saat staf LBH Papua yang tinggal di mess dekat kantor mendengar suara ledakan dari garasi kantor pada Senin (9/5/2022) sekitar pukul 04.00 WIT.

Saat diperiksa, ternyata motor Honda CBR yang diparkir di dalam garasi kantor meledak. Ia menduga motor ini sengaja dibakar oleh orang tak dikenal.

"Terlebih dari hasil pemeriksaan di sekitar tempat kejadian ditemukan adanya sumbu yang pada sumbu tersebut ada bau minyak tanah. Ada juga sebuah plastik yang didalamnya terisi sisa bensin," ucapnya.

Dua orang warga setempat yang melihat ada satu orang menggunakan sweater hitam bertopi lengkap dengan masker lari keluar dari lingkungan kantor LBH Papua setelah kejadian.

Baca Juga: Komplotan Polisi Gadungan yang Tertangkap Warga di Mojokerto Sudah Tujuh Kali Melancarkan Aksi Pemerasan

"Mereka langsung naik motor terus pergi. Dugaan kuat penyebab kebakaran Motor CBR dalam garasi Kantor LBH Papua merupakan perbuatan orang terlatih yang memiliki niat buruk dengan LBH Papua." ucapnya.

Beruntung staf LBH Papua bersama warga setempat langsung menarik motor keluar dari garasi sehingga ledakan dapat diatasi, namun api juga sempat menjalan ke sebuah mobil Kijang yang parkir di sebelah motor.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal menyebut laporan sudah diterima dan pihaknya berjanji akan menindaklanjuti aksi dugaan teror terhadap LBH Papua.

"Personel Polsek Abepura sudah mendatangi tempat kejadian perkara untuk penyelidikan awal, tetapi TKP sudah dibersihkan,” kata Kamal.

Kamal meminta masyarakat untuk tetap tenang dengan kejadian ini untuk menjaga situasi keamanan di Jayapura tetap kondusif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, jangan terprovokasi oleh pihak pihak yang ingin mengacaukan situasi kamtibmas mari, bersama sama sama ciptakan situasi yang aman dan nyaman di Kota Jayapura," ucapnya.

Komentar