facebook

Bacaan Doa Setelah Adzan Latin, Lengkap dengan Artinya dan Keutamaan Membacanya

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Doa Setelah Adzan Latin, Lengkap dengan Artinya dan Keutamaan Membacanya
Ilustrasi Berdoa - Doa setelah adzan (Pexels)

Setelah adzan berkumandang, sebaiknya kita membacakan doa setelah adzan demi mendapatkan pahala berlimpah.

Suara.com - Adzan adalah pertanda masuknya waktu shalat. Setelah adzan berkumandang, sebaiknya kita membacakan doa setelah adzan demi mendapatkan pahala berlimpah.

Allah SWT telah menjanjikan banyak pahala untuk umatnya yang melafalkan ataupun mendengarkan adzan. Saat azan dikumandangkan, orang yang mendengar disunnahkan untuk segera menjawabnya dengan membaca doa setelah adzan.

Kenapa umat muslim perlu membaca doa setelah adzan? Doa setelah adzan merupakan sunnah yang sebaiknya dibaca umat muslim usai mendengar panggilan shalat lima waktu. Bahkan dalam hadits yang diceritakan, doa yang dilantunkan sesudah adzan tidak akan tertolak.

"Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu)", (HR Ahmad).

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya, Bacalah di Sepertiga Malam

Selain itu, dalam hadits yang diceritakan oleh Jabir bin Abdillah, menyebutkan bahwa mereka yang membaca doa setelah adzan akan memperoleh syafaat Nabi SAW di hari kiamat.

"Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar adzan, "Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan", maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat", (HR Bukhari).

Bacaan Doa Setelah Adzan

Berikut ini adalah bacaan doa setelah adzan dalam latin serta terjemahannya.

Bacaan latin: "Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad".

Baca Juga: Bacaan Doa Turun Hujan dan Artinya, Waktu Mustajab Dikabulkannya Segala Doa

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan".

Komentar