facebook

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya, Bacalah di Sepertiga Malam

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya, Bacalah di Sepertiga Malam
Ilustrasi doa, Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya. (Freepik)

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya yang bisa dibaca di sepertiga malam.

Suara.com - Sholat tahajud merupakan salah satu amalan sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan. Sholat tahajud dikerjakan pada waktu malam hari dan bagi siapapun yang melaksanakannya akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Ada doa setelah sholat tahajud yang bisa Anda baca.

Setelah mendirikan sholat tahajud, Anda dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., Nabi Muhammad SAW pernah ditanya, “Apakah sholat yang lebih utama sesudah sholat lima waktu?”Beliau menjawab, 'Sholat malam’”. (HR. Muslim).

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Quran dalam Surat Al-Isra ayat 79 sebagai perintah melaksanakan sholat malam, "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji," (QS. Al-Isra: 79).

Sholat tahajud dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan melaksanakan sholat sunnah lainnya. Hal yang membedakan adalah membaca niat dan pelaksanaannya. Sholat tahajud dilakukan dua rakaat salam dan jumlah rakaat tahajud juga tidak terbatas. Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud melebihi 11 atau 13 rakaat. Apa doa setelah sholat tahajud?

Baca Juga: Bacaan Doa Turun Hujan dan Artinya, Waktu Mustajab Dikabulkannya Segala Doa

Setelah melaksanakan sholat tahajud, dianjurkan pula untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Membaca doa setelah tahajud bertujuan untuk memohon perlindungan, limpahan rezeki dan dikabulkannya doa kepada Allah SWT. Lalu bagaimana bacaan doa setelah sholat tahajud?

Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah melaksanakan sholat Tahajud, kamu dapat membaca doanya dalam bahasa Arab atau dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai berikut ini.

“Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa'dukal haqq. Wa liqa'uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa'atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa 'alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.”

Baca Juga: 10 Bacaan Doa Sehari Hari yang Bisa Diamalkan: Memohon Ilmu Bermanfaat hingga Setelah Baca Al-Quran

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagiMu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau Maha Benar. JanjiMu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Komentar