facebook

Kunjungan ke Tiga Negara Eropa Rampung, Anies Baswedan akan Kembali ke Jakarta Besok

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Kunjungan ke Tiga Negara Eropa Rampung, Anies Baswedan akan Kembali ke Jakarta Besok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu muslimat Indonesia di Kota London, Inggris, Sabtu (14/5/2022). (Antara/HO-Anissaa Rebana)

Setelah delapan hari melalukan keliling ke tiga negara di Eropa, kegiatan kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya rampung.

Suara.com - Setelah delapan hari melalukan keliling ke tiga negara di Eropa, kegiatan kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya rampung. Rencananya, Anies akan kembali tiba di Jakarta pada Rabu (18/5/2022).

Hal tersebut dikonfirmasi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Begitu sampai di Jakarta, Anies akan kembali aktif menjalankan tugasnya sebagai pimpinan pemerintah ibu kota.

Selama Anies di luar negeri, Riza berperan menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jakarta sementara.

“Ya InsyaAllah besok (Rabu) sudah sampai Jakarta,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Penetapan Tarif Integrasi Transportasi Jakarta Belum Jelas, DPRD DKI Gelar Rapat usai Anies Pulang dari Eropa

Diketahui, Anies dalam kunjungannya mendatangi Inggris, Jerman, dan Perancis. Ia melakukan sejumlah kegiatan seperti membahas soal Moda Raya Terpadu (MRT), menghadiri undangan tentang transportasi, dan membicarakan soal sister city.

Dalam salah satu agendanya, Anies Baswedan melakukan kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BloombergNEF) dalam kunjungan kerjanya ke sejumlah negara Eropa. Kerja sama kali ini bertujuan untuk mewujudkan Jakarta bebas emisi di tahun 2030.

Dalam pertemuannya dengan BloombergNEF, John Moore di Bloomberg European Headquarters, London, Inggris, Anies menyampaikan keinginannya menjadikan semua transportasi umum di Jakarta bertenaga listrik pada tahun 2030. Ia mengaku akan melakukannya secara bertahap dengan berbagai program.

"Kebijakan sustainable tersebut melalui pengembangan pedestrian, jalur sepeda, integrasi transportasi publik multi moda, target elektrifikasi 50 persen armada Transjakarta pada tahun 2025, dan elektrifikasi seluruh armada Transjakarta pada tahun 2030, dan kebijakan terkait lainnya," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Mantan Mendikbud itu juga menilai BloombergNEF sebagai penyedia penelitian strategis, dinilai dapat membantu mengarahkan investasi dan menghasilkan ide-ide yang dapat membantu mempercepat transisi tersebut di Jakarta, dan Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: Heboh Kabar Anies Baswedan Dapat Gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi, Begini Faktanya

Di Inggris, Anies juga menjadi narasumber wawancara Bloomberg TV bersama Chief Editor of BloombergNEF, Ben Vickers. Dalam diskusi tersebut Gubernur Anies membahas terkait mobilitas perkotaan yang berkelanjutan.

Komentar