facebook

Profil Heru Budi Hartono, Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Farah Nabilla
Profil Heru Budi Hartono, Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/aa. (Handout Biro Pers Sekretariat Presiden)

Nama Heru Budi Hartono saat ini ramai diperbincangkan karena digadang-gadang akan menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Nama Heru Budi Hartono saat ini ramai disebut karena digadang-gadang akan menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) yang dulunya merupakan anak buah mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini kabarnya akan menggantikan Anies karena masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022.

Lalu, seperti apa sosok dan profil yang kabarnya akan menjadi pengganti Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta tersebut? Berikut ulasannya.

Profil Heru Budi Hartono

Heru Budi Hartono lahir pada tanggal 13 Desember 1965 di Medan, Sumatera Utara. Ia merupakan putra dari pasangan R.Moelyoto dan Suhartiyah. Heru Budi Hartono menikah dengan perempuan bernama Mirdiyanti, sosok yang pernah menjadi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Administrasi Jakarta Utara pada tahun 2014.

Baca Juga: Dianggap Tepat Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies, Ini Jawaban Kasetpres Heru

Heru Budi Hartono meraih gelar sarjana di Universitas Krisna Dwipayana, Jakarta pada tahun 1984-1990, dan kemudian melanjutkan magister di universitas yang sama pada tahun 1995-1998.

Heru Budi Hartono telah lama berkiprah di birokrasi Pemprov DKI. Heru terakhir menjabat di DKI sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta pada tahun 2015-2017. Sebelumnya, Heru juga menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara di tahun 2014. Kiprah dan pengalamannya di birokrasi Pemprov DKI Jakarta ini terbilang cukup mumpuni dilihat dari beberapa jabatan yang pernah ia duduki.

Mengawali karirnya, diketahui Heru berkarir sebagai seorang PNS, tepatnya di bagian staf penyusunan program Kota Jakarta Utara. Ia kemudian mendapatkan promosi sebagai Kepala Subbagian Sarana dan Prasarana Kota Jakarta Utara dan Kepala Bagian Umum Jakarta Utara.

Tidak hanya itu, Heru Budi Hartono juga sempat menduduki beberapa jabatan lain, diantaranya:

  • Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara (1993)
  • Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara (1995)
  • Kasubbag Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara (1999)
  • Kasubbag Sarana & Prasarana Kota Jakarta Utara (2002)
  • Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara (2007)
  • Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara (2008)
  • Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta (2013)
  • Wali Kota Jakarta Utara (2014)
  • Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta (2015)
  • Kepala Sekretariat Presiden (2017)

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Baca Juga: Dijagokan untuk Gantikan Anies Baswedan, Kasetpres Heru Budi: Aduh, Belum Kepikiran

Komentar