facebook

Jokowi Bolehkan Lepas Masker, Menko PMK: Kita Sudah Percaya Diri Memasuki Masa Transformasi Endemi

Chandra Iswinarno | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Bolehkan Lepas Masker, Menko PMK: Kita Sudah Percaya Diri Memasuki Masa Transformasi Endemi
Menko PMK RI Muhadjir Effendy. [Foto: Antara]

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan atau area terbuka.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan atau area terbuka.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan Jokowi tersebut menunjukkan Indonesia telah percaya diri memasuki masa tranformasi endemi.

"Bapak Presiden (Jokowi) sudah mengizinkan kita membuka masker terutama untuk di luar gitu sebetulnya di sini juga boleh silakan Saja. Karena ini semua insyaAllah ini semua dan ini menunjukkan kita sudah percaya diri untuk memasuki masa transformasi endemi," ujar Muhadjir dalam Penandatanganan Dokumen Serah Terima Kelola Hunian Tetap Serta Sekolah pada Lokasi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Muhadjir mengatakan, kepercayaan diri Indonesia memasuki masa endemi, tak lepas dari kekuatan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pemprov Bengkulu Belum Terapkan Bebas Lepas Masker di Area Terbuka

"Tentu saja semuanya tidak lepas dari kekuatan kepemimpinan presiden gitu ya sama dengan penanganan mode ini, tahun ini," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu pun mengaku bersyukur angka kasus Covid-19 cenderung melandai dalam tiga minggu terakhir.

Meski kata dia terdapat kenaikan kasus di beberapa kota seperti DKI Jakarta. Namun demikian lanjut Muhadjir, hal tersebut tak terlalu signifikan. 

"Alhamdulillah setelah tiga minggu terakhir ini angka Covid juga cenderung landai , memang ada kenaikan di beberapa kota, DKI, ini kenapa naik karena mereka pulang mereka periksa. Tapi sebetulnya tidak terlalu signifikan apalagi sampai eksponensial, ini Wali Kota paham itu. Jadi tidak terjadi kenaikan kasus eksponensial," katanya.

Baca Juga: Setelah Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker, Pemerintah Bakal Hentikan Kebijakan PPKM

Komentar