facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: 212 Mart Menjadi Sponsor Resmi Ajang Formula E, Benarkah?

Farah Nabilla | Fita Nofiana
CEK FAKTA: 212 Mart Menjadi Sponsor Resmi Ajang Formula E, Benarkah?
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Benarkah kabar 212 mart jadi sponsor Formula E?

Suara.com - Beredar inormasi yang menunjukkan bahwa 212 Mart menjadi sponsor resmi untuk pagelaran Formula E.

Informasi tersebut bermula dariunggahan akun Facebook bernama Violin Dewi yang menyatakan bahwa 212 mart menjadi spponsor resmi Foermula E.

Berikut narasinya:

"Mart 212 adalah sponsor resmi ajang Fromula E, moga sukses membawa nama harum DKI dan negara ke ajang International. #cebong semaput".

Baca Juga: Polisi Buru Pria Penyebar Hoax Perampokan di Citra 6 Kalideres Jakarta Barat

Lalu benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Menurut penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, penyelenggaraan Formula E memang sudah mendapatkan sponsor dari berbagai industri.

Hal ini dinyatakan sediri oleh Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko.

“Dari sisi industri cukup beragam sponsor kami,” kata dia dalam konferensi pers di Mal ABC, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 19 Mei 2022.

Baca Juga: Video Viral Perampokan Bersenpi di Citra 6 Kalideres Hoax, Polisi Beberkan Fakta Sebenarnya

Gunung E Kartiko sendiri menyatakan bahwa bebragai sponsor sudah didapatkan dari setidaknya tujuh industri.

CEK FAKTA: 212 Mart sponsor Formula E? (Turnbackoax)
CEK FAKTA: 212 Mart sponsor Formula E? (Turnbackoax)

Tujuh industri itu termasuk , seperti bank lokal, bank nasional, dan perusahaan telekomunikasi. Kemudian ada juga dari perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan, makanan dan minuman, perusahaan di bidang kesehatan serta otomotif.

Menurut Gunung, pihaknya bakal blak-blakan menyampaikan sponsor pasti Formula E kira-kira pekan depan.

“Karena masih ada beberapa kami tanda tangan kontrak,” ujar salah satu Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu.

Melalui penyataan Gunung, hingga kini penyenggara Formula E belum memebrikan informasi terkiat nama-nama sponsor Formula E yang akan dilangsungkan di sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka informasi yang menyatakan bahwa 212 Mart menjadi sponsor resmi Formula E tidaklah benar.

Ungghan tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar