facebook

Kasus Covid-19 Landai dan Hanya Rawat 21 Pasien, Belum Ada Perintah Tutup Wisma Atlet Kemayoran

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Kasus Covid-19 Landai dan Hanya Rawat 21 Pasien, Belum Ada Perintah Tutup Wisma Atlet Kemayoran
Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta saat ini hanya rawat 21 pasien. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa]

Minto mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menerima pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

Suara.com - Koordinator Humas Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC-19) Kolonel dr Mintoro Sumego mengatakan hingga saat ini belum ada perintah untuk menutup RSDC Wisma Atlet Kemayoran meski kasus Covid-19 sudah landai.

Minto mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menerima pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

"Sampai saat ini kami belum ada perintah untuk ditutup. Jadi kami tetap standby Wisma Atlet masih tetap menerima pasien dengan terkonfirmasi Covid 19 sehingga kami tetap standby kan baik itu personil obat-obat dan lain sebagainya," ujar Mintoro di RSDC Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Pernyataan Mintoro menjawab isu pemerintah yang membuka peluang menutup Wisma Atlet jika pandemi Covid-19 telah berakhir.

Baca Juga: Waduh, Pelonggaran Protokol Kesehatan Bikin Kasus COVID-19 Naik Lagi di Benua Amerika

Mintoro mengungkapkan dalam dua minggu terakhir, jumlah pasien Covid-19, menurun. Bahkan kata dia, pasca Lebaran 2022 kasus Covid-19 masih tetap landai.

"Jadi kita sekitar dua minggu yang lalu itu sudah mulai turun, sampai pasien sekitar pernah 2," tutur Mintoro.

Adapun kata Mintoro, saat ini pasien Covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran berjumlah 21 orang. Namun mereka yang dirawat yang merupakan pasien yang bergejala ringan.

"Tapi sekarang ada 21 orang, tapi tidak apa apa, menurut saya, gejalanya pun ringan. Itu memamg menunjukkan kita masih tetap merawat pasien-pasien yang terkonfirmasi Covid-19," ungkap dia.

Bakal Ditutup

Baca Juga: Minta Pemerintah Tak Gegabah Bicara Pandemi ke Endemi, Anggota Komisi IX Khawatir Masyarakat Keliru Menyimpulkan

Sebelumnya pemerintah membuka peluang untuk menutup Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan penutupan Wisma Atlet akan dilakukan jika pandemi Covid-19 telah berakhir.

"Ya kalau sudah tidak pandemi ya ditutup," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Peluang penutupan Wisma Atlet menyusul pemerintah yang melonggarkan kebijakan pengunaan masker di ruang terbuka.

Ketika ditanya jika situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berstatus endemi apakah Wisma Atlet akan otomatis ditutup, Muhadjir menjawab demikian.

"Ya (Otomatis Wisma Atlet ditutup)," ucap dia.

Komentar