facebook

Soal Kode Jokowi Dukung Ganjar Capres, PDIP: Sudah Jelas Pencalonan Itu dari Parpol

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Soal Kode Jokowi Dukung Ganjar Capres, PDIP: Sudah Jelas Pencalonan Itu dari Parpol
Presiden Jokowi saat pembukaan Rakernas V Projo di Jawa Tengah pada Sabtu (21/5/2022). [Antara]

"Sudah jelas kok pencalonan itu oleh (dari) parpol kan begitu. Ya sudah nanti kami lihat aja dalam perjalanan toh."

Suara.com - Pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rakernas Projo di Magelang, Jawa Tengah mendapatkan sorotan. Salah satunya mengenai pernyataan Jokowi yang meminta Projo "ojo kesusu" dalam mendukung capres di Pilpres 2024. 

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto, menilai soal pencalonan figur untuk menjadi capres atau cawapres di Pilpres 2024 akan secara resmi ditentukan oleh partai. 

"Sudah jelas kok pencalonan itu oleh (dari) parpol kan begitu. Ya sudah nanti kami lihat aja dalam perjalanan toh," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2022). 

Menurutnya, soal siapa nanti yang akan diusung menjadi capres atau cawapres dari PDIP sudah jelas akan ditentukan oleh partai politik itu sendiri. Ia menilai hal itu sudah lumrah dalam urusan dukung mendukung calon. 

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Luhut Urus Minyak Goreng di Jawa-Bali, Ini Tugasnya

Kendati begitu, saat disinggung apakah pernyataan Jokowi tersebut sebagai kode untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bambang menegaskan enggan menanggapi lebih jauh. 

Ia menegaskan, bahwa dirinya sebagai badan pemenangan pemilu partai akan mengeluarkan pernyataan soal isu sedang ramai jadi pembicaraan tersebut. 

"Jadi hari ini begini saja, saya no comment dulu deh ya, no comment dulu tapi saya janjikan minggu depan saya akan jawab. Tapi hari ini dia no comment dulu ya," tuturnya. 

Pidato Jokowi di Rakernas Projo

Sebelumnya, Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Projo di Balai Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022). 

Baca Juga: Tak Lihat Sinyal Dukungan Capres dari Jokowi, NasDem Sebut Kehadiran Ganjar di Rakernas Projo Sekedar Protokoler

Dalam pertemuan itu juga hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya Jokowi menyinggung perihal kontestasi calon presiden menuju Pilpres 2024. 

Komentar