facebook

Apa Perbedaan Habib dan Syekh? Serupa tapi Tak Sama, Awas Salah Sebut

Rifan Aditya
Apa Perbedaan Habib dan Syekh? Serupa tapi Tak Sama, Awas Salah Sebut
perbedaan Habib dan Syekh - Ilustrasi pria Arab. (PIxabay/juni_cz)

Apa perbedaan Habib dan Syekh?

Suara.com - Istilah Habib kerap digunakan untuk orang yang dihormati dari sudut pandang agama Islam. Seperti Habib, sebutan Syekh juga tak kalah sakralnya. Lalu apa perbedaan Habib dan Syekh?

Di Indonesia sendiri, sebutan Habib dan Syekh cukup lazim ditemui. Bahkan belakangan, nama-nama seperti Habib Rizieq dan Syekh Puji melekat di benak masyarakat. Mari kita bedah perbedaan Habib dan Syekh di bawah ini.

Menyadur situs Dalam Islam, sebutan Habib dan Syekh sama-sama merupakan sebutan atau gelar dalam Islam namunsebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang mendasar.

Perbedaan Habib dan Syekh

Baca Juga: Siapa Gus Thuba? Viral Karena Dituding Tak Sopan Kepada Habib Qodir

1. Habib

Sebutan Habib tak bisa diberikan secara acak kepada semua orang. Sebab Habib adalah gelar hanya untuk keturunan Nabi Muhammad SAW yang berjenis kelamin laki-laki yang berhak mendapat gelar kehormatan tersebut.

Sementara itu, keturunan Nabi Muhammad SAW di dunia umumnya tersebar di lembah Hadhramaut, Asia Tenggara, Yaman dan Pesisir Swahili di Afrika Timur.

Di Indonesia sendiri, ada sebuah lembaga yang khusus mencatat silsilah keturunan Nabi Muhammad yang terus berkembang karena faktor kelahiran. Lembaga ini bernama Ar-Rabithah.

2. Syekh

Baca Juga: Ustaz Haikal Hassan Dicap Pengkhianat oleh Habib Bahar: Kami Tetap Taat Hukum

Syekh adalah sebutan untuk orang yang dihormati, dituakan, kepala suku atau ahli agama. Di Timur Tengah, Syekh adalah gelar yang diberikan pada orang yang lebih tua, sesuai dengan apa yang tertuang dalam Al Quran.

Komentar