facebook

Promosi Digital Nomad, Pemprov DKI Bakal Ajak Influencer hingga PNS Kerja di Kepulauan Seribu

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Promosi Digital Nomad, Pemprov DKI Bakal Ajak Influencer hingga PNS Kerja di Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu (Antara)

"...Ini adalah perubahan positif bagaimana kita dapat bekerja di mana pun dan tetap produktif."

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal gencar mendorong kegiatan pariwisata di Kepulauan Seribu melalui program digital nomad. Nantinya, banyak pihak akan diundang untuk merasakan langsung program wisata ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan digital nomad adalah program untuk menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi untuk bekerja sambil liburan. Untuk bisa mencobanya, ia berencana mengundang para influencer hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kami akan membawa para influencer kemudian juga para nomaden untuk bekerja di sini dan selanjutnya para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga akan bekerja di sini jadi benar-benar ini kami aktivasi ini menjadi salah satu spot untuk bekerja sambil leisure-nya juga," ujar Andhika kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Melalui program Digital Nomad, Andhika mengaku ingin Kepulauan Seribu bisa bersaing dengan tempat yang sudah lebih dulu menjadi destinasi bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA) seperti Bali. Lalu, ada juga contoh lainnya di luar negeri, yakni pulau Madeira dan Canary, Portugal; serta Kepulauan Maladewa atau Maldives.

Baca Juga: Canangkan Jakarta Hajatan di Kepulauan Seribu, Anies: Tidak Ada Kota Besar Lain di Dunia Punya Wilayah Kepulauan

"Jakarta juga punya Kepulauan Seribu dengan ragam potensinya yang menarik juga bisa menjadi rujukan bagi para digital nomad. Ini adalah perubahan positif bagaimana kita dapat bekerja di mana pun dan tetap produktif," tuturnya.

Program Digital Nomad sendiri sudah dicanangkan di Pulau Bidadari, Selasa (24/5/2022) kemarin. Nantinya, Andhika menyebut akan dibuatkan paket wisata sambil bekerja bagi para pengunjung Pulau Bidadari.

"Paketnya itu pertama tentunya dapat fasilitas long trip boat dan dapat memutari pulau sejarah, Pulau Onrust Cipir dan Kelor, dan juga disini kita fasilitasi untuk kebutuhan akomodasi," katanya.

"Yang terpernting juga adalah bagaimana mereka bisa bekerja di Pulau Bidadari juga merasakan produktifitasnya dan juga sambil ada nuansa leisure," imbuhnya.

Untuk sementara ini, Andhika mengatakan pihaknya belum menentukan harga untuk paket wisata digital nomad. Pihaknya masih melakukan penyesuaian sambil mengundang influencer hingga PNS berkunjung ke pulau Bidadari.

Baca Juga: Usung Konsep Digital Nomad, Anies Ajak Warga Work from Anywhere dari Kepulauan Seribu

"Karena secara orbitasi dari mainland (pulau utama) ke Pulau Bidadari tentunya tidak terlalu jauh dan sudah ada paket utama di Pulau Bidadari dan ini yang sedang kita adjust untuk terjangkau kepada semua sektor."

Komentar