facebook

Parpol-parpol Lain Harus Catat, Ini Syarat Jika Ingin Bergabung Dengan Koalisi Indonesia Bersatu

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
Parpol-parpol Lain Harus Catat, Ini Syarat Jika Ingin Bergabung Dengan Koalisi Indonesia Bersatu
Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membeberkan syarat bagi partai politik lain jika ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN dan PPP. [Suara.com/Welly Hidayat]

Setiap parpol yang ingin bergabung perlu sama dan sepakat dengan konsep gagasan tidak boleh memecah belah bangsa.

Suara.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membeberkan syarat bagi partai politik lain jika ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN dan PPP.

Menurutnya, setiap parpol yang ingin bergabung perlu sama dan sepakat dengan konsep gagasan tidak boleh memecah belah bangsa.

"Syaratnya (parpol lain ingin bergabung) satu kita semuanya sepakat mengusung konsep gagasan tidak mau memecah belah bangsa tidak boleh ada politik ada pecah belah bangsa," kata Eddy kepada wartawan dikutip Rabu (25/5/2022).

Sementara itu ketika ditanya soal apakah ada tenggat waktu untuk parpol lain bergabung dengan KIB, Eddy mengatakan hal itu akan diputuskan oleh para ketua umum dalam koalisi.

Baca Juga: Emak-emak di Sumut Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

"Kapan kita menyatakan tertutup saya rasa itu kewenangan dari pada ketum menyampaikan demikian. Tapi saat terbuka untuk siapa saja kapan saja mereka mau masuk," tuturnya.

Lebih lanjut, Eddy menegaskan, KIB terbuka jika parpol mana saja ingin bergabung bersama koalisi Golkar, PAN dan PPP.

"Ya saya kira sampai hari saya hanya menyampaikan apa yang disampaikan para ketua umum bahwa KIB ini terbuka siapa saja," tandasnya.

Sepakat Kerja Sama

Sebelumnya, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan sikap untuk bekerjasama atau berkoalisi untuk mengawal agenda politik ke depan termasuk untuk menghadapi Pemilu 2024.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Bangun Kekuatan Pilkada 2024, Tiga Pimpinan Parpol Mulai Bahas Bakal Calon Wali Kota Bogor

Hal itu terjadi usai ketiga ketua umum parpol tersebut melakukan pertemuan malam ini, di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dalam konferensi pers usai pertemuan digelar tertutup, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, menjelaskan pertemuan memang dilakukan sekalian untuk bersilaturami Idulfitri. Namun dalam pertemuan ini memang untuk mendorong ketiga parpol tersebut bekerja sama.

"Pertemuan ini agar mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Ka'bah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT," kata Airlangga di lokasi.

Airlangga mengatakan, ketiga parpol tersebut ingin membangun budaya politik baru, dimana budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap.

Menurutnya, hal ini juga dianggap baik untuk mendukung program yang dilakukan oleh pemerintahan hari ini.

Komentar