facebook

Sebelum Gelayutan di Atas JPO Pasar Mayestik, Maling HP Terpergok Satpam Apotek hingga Dikejar Warga

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Sebelum Gelayutan di Atas JPO Pasar Mayestik, Maling HP Terpergok Satpam Apotek hingga Dikejar Warga
Lokasi JPO saat maling handphone (HP) panik dikejar-kejar warga hingga mau loncat dari atas jembatan di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Suara.com/Yosea Arga)

Peristiwa ini terekam kamera hingga videonya viral di media sosial.

Suara.com - Seorang pria diduga maling handphone (HP), panik dikejar-kejar warga hingga mau loncat dari atas jembatan penyebrangan orang (JPO) di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Peristiwa ini terekam kamera hingga videonya viral di media sosial.

Berdasarkan penuturan warga, kejadian itu berlangsung pada Selasa (24/5/2022) dini hari, tepatnya pukul 01.30 WIB. Pelaku kabur dari arah sebuah apotek di Pakubuwono menuju Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Pelaku mulai dikejar warga sekitar pukul 01.30 dini hari dari arah apotek," ucap seorang warga bernama Willy saat dijumpai di lokasi, Rabu (25/5/2022) sore.

Willy mengatakan, apotek yang disasar oleh pelaku sudah dua kali kebobolan. Aksi itu menyasar ponsel genggam milik karyawan dan terekam kamera pengawas CCTV.

Baca Juga: Diburu Petugas Damkar Selama 40 Menit di Gorong-gorong, Maling HP di Pasar Rebo Ternyata Beraksi saat Subuh

Dari rekaman kamera CCTV pula, wajah pelaku terekam dalam dua insiden sebelumnya. Ketika hendak melancarkan aksinya, satpam yang berjaga pun telah melakukan pengawasan dan lagi-lagi wajah si pelaku kembali terekam.

"Jadi pelaku ketahuan mau ambil handphone di apotek. Kan di apotek itu sudah kehilangan HP dua kali punya karyawan yang jaga. Informasi dari sekuriti, kejadian itu terekam oleh kamera CCTV," kata dia.

Pelaku, kata Willy, sempat hendak membuka pagar aptotek. Namun satpam yang sudah berjaga langsung memergoki aksi tersebut dan meneriaki sang pelaku dengan kata: "maling".

Sontak teriakan itu mengundang warga sekitar untuk melakukan pengejaran. Pelaku kemudian kabur ke arah JPO yang tepat berada di depan Pasar Mayestik.

"Pelaku kabur ke arah JPO. Warga ikut kejar, nah pelaku terjebak di bawah," beber Willy.

Baca Juga: 4 Fakta Polisi Gadungan Maling HP Modus Razia Kafe di Cilandak, Jatuh Usai Hantam Polisi Tidur

Willy menambahkan, pelaku langsung berlari ke atas JPO karena sudah terkepung oleh warga. Tidak tinggal diam, warga tetap melakukan pengejaran hingga membikin sang maling terdesak.

Karena tidak ada kesempatan lagi, si maling kemudian melakukan aksi nekatnya dengan bergelayutan di atas JPO. Bahkan, dia sempat hendak melompat sebelum aparat kepolisian dari Polsek Metro Kebayoran Baru dan anggota TNI datang melakukan pencegahan.

"Setelah itu dia naik ke atas JPO. Di JPO dia terkepung lagi baru dia mau lakukan aksinya, mau lompat dari atas," pungkas dia.

Sebelumnya, viralnya kejadian itu diunggah oleh akun Instagram @lensa_berita_jakarta dalam bentuk video. Keterangannya disebut terjadi pada Selasa (24/5/2022) kemarin.

"Pria ini diduga maling HP di kawasan Pakubuwono," tulis akun @lensa_berita_jakarta seperti dikutip suara.com.

Dalam video terlihat terduga pelaku dalam kondisi telanjang dada bergelantung di atas JPO. Sedangkan warga sekitar yang melakukan pengejaran berkumpul di JPO.

Di sisi lain, tampak salah satu anggota polisi berupaya mengevakuasi terduga pelaku dengan menarik bagian celananya.

Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Doni membenarkan adanya peristiwa ini. Kekinian pelaku telah digelandang ke kantor polisi untuk diperiksa.

"Sudah diamankan di polsek. Sedang ditangani," ujar Doni.

Komentar