facebook

Apa Beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila?

Rifan Aditya
Apa Beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila?
apa beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila - Ilustrasi Pancasila (shutterstock)

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini akan dirayakan pada Rabu, 1 Juni 2022. Tahukah kalian apa beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila?

Suara.com - Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini akan dirayakan pada Rabu, 1 Juni 2022. Tahukah kalian apa beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila?

Bagi yang paham sejarah nasional pasti dapat membedakan dua hari besar ini. Suara.com telah merangkum beberapa informasi terkait apa beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila bagi yang belum tahu.

Setidaknya ada tiga perbedaan mendasar antara Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila. Berikut penjelasannya.

Tanggal Peringatan

Baca Juga: Tanggal Merah Bulan Juni 2022 Hanya Sehari, Masih Mau Liburan?

Hari Lahir Pancasila setiap tahunnya akan diperingati pada tanggal 1 Juni. Hari Lahir Pancasila adalah momen awal mula Pancasila sebagai lambang negara Indonesia.

Sementara, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Tahun ini Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada Sabtu, 1 Oktober 2022 sedangkan Hari Lahir Pancasila di hari Rabu, 1 Juni 2022.

Sejarah

Sejarah Hari Lahir Pancasila terjadi jauh sebelum adanya Hari Kesaktian Pancasila. Hari Lahir Pancasila dimulai dari kekalahan Jepang di Perang Asia Timur Raya.

Organisasi BPUPKI kemudian dibentuk sebagai upaya untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yang saat itu dalam penjajahan Jepang. Lalu sidang pertama BPUPKI digelar pada tanggal 1 Juni 1945.

Baca Juga: 1 Juni 2022 Hari Apa dan Kenapa Menjadi Hari Libur Nasional? Simak Penjelasan Berikut

Saat itu Soekarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai "Pancasila". Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Hari tersebut kekinian diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Komentar