facebook

Kenapa BSU 2022 Tak Kunjung Cair? Ini Penjelasan Lengkap Kemnaker

Chyntia Sami Bhayangkara
Kenapa BSU 2022 Tak Kunjung Cair? Ini Penjelasan Lengkap Kemnaker
Ilustrasi uang - kenapa BSU 2022 tak kunjung cair (Pixabay/ekoanug)

Ini alasan kenapa BSU 2022 tak kunjung cair.

Suara.com - Sekian lama menanti, pekerja di Tanah Air sepertinya sudah lelah menunggu kepastian tentang BSU Ketenagakerjaan. Sebenarnya, kenapa BSU 2022 tak kunjung cair? Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penjelasannya.

BSU adalah Bantuan Subsidi Upah yang diberikan pada pekerja yang terdampak pandemi. Pada tahun 2022, pemerintah berjanji mengucurkan kembali BSU sebesar Rp 500 ribu yang diberikan langsung selama dua bulan atau Rp 1 juta. Lantas, kenapa BSU 2022 tak kunjung cair?

Tak main-main, anggaran BSU 2022 ini mencapai Rp 8,8 triliun, ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto, Selasa (5/4/2022) lalu.

Namun sayangnya, hingga kini, BSU 2022 yang dijanjikan sejak bulan April lalu belum juga terealisasi. Apa penyebabnya dan kapan BLT gaji Rp 1 juta itu akan cair?

Baca Juga: Isu Prioritas Indonesia Terkait Tenaga Kerja Disepakati dalam EWG Ketiga

Kenapa BSU 2022 Tak Kunjung Cair

Merangkum keterangan dari BPJS Ketenagakerjaan dalam salah satu balasan komentar di unggahan Instagram, disebutkan bahwa penyaluran BSU pada akhir bulan Mei masih dalam tahap penyusunan regulasi oleh pemerintah.

"Perihal informasi rencana pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2022, BPJAMSOSTEK sebagai mitra penyedia data mendukung kebijakan BSU 2022 akan mempersiapkan data sesuai dengan Kriteria yang diatur dalam regulasi."

"Namun sampai saat ini kami belum dapat memberikan informasi lebih lanjut terkait Subsidi Upah (BSU) karena hal tersebut masih dalam tahap penyusunan regulasi oleh Pemerintah."

"Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silakan hubungi Contact Center 175 atau email ke care@bpjsketenagakerjaan.go.id," tulis akun Instagram @bpjs.ketenagakerjaan.

Baca Juga: Indonesia dan Austria Kerja Sama Perkuat Kompetensi SDM di Bidang Ketenagakerjaan

Sementara itu, menurut pihak Kementerian Tenaga Kerja dalam situs resmi mereka, Kemnaker.go.id, pihaknya sedang mempersiapkan instrumen pelaksanaan BSU 2022.

Komentar