facebook

Hewan Kurban Terbaik Menurut Nabi Muhammad, Ternyata Bukan Unta!

Farah Nabilla
Hewan Kurban Terbaik Menurut Nabi Muhammad, Ternyata Bukan Unta!
Ilustrasi hewan kurban terbaik menurut Nabi Muhammad. (Pixabay/RitaE)

Diantara hewan kurban yang dibolehkan dalam Islam, ada satu hewan yang menjadi pilihan Nabi Muhammad. Hewan tersebut adalah kambing atau domba.

Suara.com - Dalam ajaran agama Islam, ada beberapa hewan yang bisa dijadikan kurban diantaranya sapi, kambing, domba, kerbau dan unta. Tapi, apa hewan kurban terbaik menurut Nabi Muhammad?

Tentunya hewan-hewan pilihan tersebut sudah memiliki usia yang cukup untuk dijadikan kurban serta mempunyai syarat sah dijadikan hewan kurban. Salah satunya adalah hewan tersebut bebas penyakit fisik maupun mental.

Diantara hewan yang dapat dikurbankan tersebut, ada satu hewan yang biasa dijadikan kurban oleh Nabi Muhammad SAW, yakni domba dan kambing.

Meski Nabi Muhammad mampu membeli seekor unta, namun ia lebih sering berkurban dengan puluhan domba dan kambing.

Baca Juga: Takut Terserang PMK Sebelum Iduladha, Peternak Madiun Pilih Lockdown Kandang Hewan

Mengapa Nabi Muhammad lebih memilih kambing dan domba untuk berkurban? Berikut penjelasan Ustaz Khalid Basamallah melalui channel YouTubenya :

Ustaz Khalid Basalamah mengungkapkan jika Nabi Muhammad kerap melakukan kurban dengan memilih kambing dan domba sebagai hewan kurban pilihannya.

Ia mengatakan, sekali berkurban Nabi Muhammad bisa menggunakan puluhan ekor kambing dan domba, neski secara ekonomi Rasul mampu menyembelih seekor unta.

"Karena Nabi Shallallahu alaihi wassallam berkurban dengan kambing dan domba," ungkap Ustaz Khalid Basalamah Lc MA dalam tayangan di kanal YouTube-nya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, ketika berkurban, Nabi Muhammad memilik domba yang berwarna hitam. Hal itu dipilih karena domba warna hitam terasa lebih afdhol.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Berikut 4 Ayat Al-Quran dan Hadist sebagai Perintah Berkurban untuk Umat Islam

Ustad Khalid juga mengaungkapkan, ada sebuah hadis riwayat Imam Bukhari yang menjelaskan alasan lain mengapa Nabi Muhammad memilih kambing dan domba untuk berkurban.

Komentar