facebook

Heboh Kontroversi Promo Minuman Holywings, Dituding Hina Agama dan Nama Nabi

Farah Nabilla
Heboh Kontroversi Promo Minuman Holywings, Dituding Hina Agama dan Nama Nabi
Promo minuman Holywings tuai kontroversi (twitter.com)

Pihak Holywings Indonesia mengungkap adanya kesalahan dari manajemen dan mengakibatkan permasalahan yang fatal di masyarakat.

Suara.com - Sebuah unggahan di Instagram story @holywingsbar yang diunggah pada Kamis (23/06/2022) kemarin mendadak menjadi viral. Dalam unggahan tersebut, pihak Holywings mengiklankan promo mereka dengan memberikan gratis satu botol minuman bir untuk para customer mereka bernama Muhammad dan Maria. Promo tersebut juga menyatakan bahwa promo akan berlangsung setiap hari Kamis. Sontak, promo minuman Holywings itu menjadi kontroversi

Terpantau dari media sosial, banyak yang menganggap bahwa pihak Holywings menghina agama, karena nama Muhammad adalah nama seorang Nabi yang menjadi panutan umat Muslim seluruh dunia, sedangkan Maria sendiri seolah menjurus kepada junjungan umat Kristen di seluruh dunia, yaitu Bunda Maria.

Hal tersebut pun membuat akun media sosial Holywings Indonesia diserbu banyak netizen. Banyak netizen yang tidak terima dan menuduh Holywings berlebihan karena sampai harus membawa bawa agama di dalam campaign promosinya. Protes ini juga dilakukan oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Dr. Haru Suandharu yang mengungkapkan kemarahannya kepada pihak Holywings lewat akun twitter pribadinya @suandharu.

"Ini Penghinaan dan Harus segera ada permintaan maaf!! Akun @holywingsbar @holywingsindonesia sempat mengunggah informasi promosi Alkohol Gratis bagi pelanggan yang punya nama ‘Muhammad’ dan ‘Maria’. Tentu nama Muhammad ada pd sosok yg sangat kita junjung di agama Islam" tulisnya dengan nada emosi.

Baca Juga: Holywings Promo Miras untuk Muhammad dan Maria, PPP Ungkit Lagi RUU Larangan Minol

Tak hanya itu, banyak netizen yang beranggapan bahwa campaign ini sengaja dibuat oleh Holywings dan merupakan strategi marketing bagi mereka untuk menaikkan pamor mereka sebagai salah satu bar terbesar di Indonesia. "Suatu hal yang biasa kayanya jual beli soal agama di ranah marketing seperti itu hanya untuk menarik perhatian aja gasi ??? Istilahnya gini “kalo jualan lo mau laku ya harus caper” ujar salah satu warganet.

Selain membawa nama orang yang disucikan, kemarahan warganet seolah semakin membuncah karena promosi yang dilakukan tersebut merupakan promosi minuman beralkohol yang jelas dilarang dari segi agama manapun. Hal tersebut memberikan kesan seolah minuman beralkohol merupakan minuman biasa dan dapat diperjualbelikan dengan bebas tanpa aturan. 

Berbagai reaksi warganet pun menuntut pihak Holywings untuk meminta maaf atas kejadian ini. Permintaan maaf dari pihak Holywings pun diunggah melalui akun media sosial mereka dan mengungkap adanya kesalahan dari manajemen.

"Terkait dengan viralnya unggahan kami (Holywings Indonesia) menyangkut promosi dengan menggunakan nama "Muhammad & Maria", kami telah menindaklanjuti pihak tim promosi yang membuat promosi tersebut tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia dengan sanksi yang sangat berat," demikian isi surat klarifikasi pihak Holywings dikutip Suara.com (24/6/2022).

"Tidak sampai maksud hati kami untuk mengaitkan unsur agama ke dalan bagian dari promosi kami, oleh karena itu kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Holywings Gratiskan Nama Muhammad-Maria Minum Alkohol, Minta Maaf usai Dikecam

Pihak Holywings juga mengungkap bahwa unggahan tersebut diunggah oleh tim promosi tanpa seizin pihak manajemen sehingga menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Komentar