facebook

Anies Baswedan Kembali Banggakan Formula E: Berikan Dampak Ekonomi Rp2,6 T Hingga Pertumbuhan PDRB 0,1 Persen

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Anies Baswedan Kembali Banggakan Formula E: Berikan Dampak Ekonomi Rp2,6 T Hingga Pertumbuhan PDRB 0,1 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengadakan acara Malam Ramah Tamah Jakarta E-Prix 2022 di Balai Kota DKI, Jumat (24/6/2022). [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membangga-banggakan penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni lalu.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membangga-banggakan penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni lalu. Ia menyebut ajang balap mobil listrik ini memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat.

Anies juga mengatakan, Formula E memberikan dampak ekonomi senilai Rp2,6 triliun bagi ibu kota. Ia menyebut, data ini merupakan hasil riset dari Insititute for Development of Economic and Finance (INDEF).

"Kegiatan Formula E yang kemarin juga memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan. Studi dilakukan oleh INDEF menunjukkan dampak ekonomi mencapai Rp2,6 triliun," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Tak hanya itu, Formula E Jakarta disebutnya memberikan dampak pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) senilai 0,1 persen atau 0,08 menurut data INDEF. Ia mengaku bersyukur karena capaian ini.

Baca Juga: Anies Baswedan Undang Tukang Bakso Makan Malam di Balai Kota, Sindir Megawati?

"Ini adalah angka yang cukup tinggi dan ikut meningkatkan pertumbuhan PDRB di Jakarta sebesar 0,1 persen," ucapnya.

Selain itu, Anies juga menyebut penonton Formula E Jakarta kebanyakan atau 45 persen adalah generasi milenial.

Ia menyebut secara edukasi Formula E telah memberikan pemahaman mengenai pentingnya penggunaan energi bersih dan terbarukan pada anak muda.

"Artinya, E Prix ini adalah moda sangat efektif mengenalkan mindset baru yang kita dorong ke generasi mendatang, terutama terkait dengan kegiatan yang ramah lingkungan, ekonomi yang berkelanjutan," ucapnya.

Bahkan, ia menyebut 42 persen pengunjung menyatakan tertarik dengan konsep kota yang berkelanjutan. Sementara itu, 92 persen juga menyatakan puas dengan gelaran Formula E.

Baca Juga: Jakpro Sebut Sisa Biaya Komitmen Rp90 Miliar Formula E Bagian Renegosiasi

Ia menyampaikan data INDEF ini saat mengadakan acara Malam Ramah Tamah Jakarta E-Prix yang mengundang para sponsor dan pihak terkait yang berkontribusi atas terselenggarakanya Formula E pada 4 Juni lalu.

Komentar