facebook

Ribuan Orang Jadi Korban Banjir di Muara Enim, Posko, Dapur Umum dan Obat-obatan Disiapkan

Pebriansyah Ariefana
Ribuan Orang Jadi Korban Banjir di Muara Enim, Posko, Dapur Umum dan Obat-obatan Disiapkan
Ribuan orang jadi korban banjir di Kabupaten Muara Enim. (Antara)

BPBD juga memastikan kebutuhan bantuan logistik untuk ribuan korban banjir di Kabupaten Muara Enim terjamin hingga beberapa waktu ke depan.

Suara.com - Ribuan orang jadi korban banjir di Kabupaten Muara Enim. tim penanggulangan bencana BPBD Muara Enim sudah menyiagakan dapur umum dan posko bencana di lokasi terdampak banjir.

Hal itu dipastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan.

BPBD juga memastikan kebutuhan bantuan logistik untuk ribuan korban banjir di Kabupaten Muara Enim terjamin hingga beberapa waktu ke depan sampai situasi di sana kembali kondusif usai kejadian banjir.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan Ansori menjelaskan lokasi banjir tersebut masing-masing meliputi wilayah Kecamatan Tanjung Enim, Lawang Kidul, Tanjung Agung, Muara Enim yang terdampak banjir mencapai dua meter pada Minggu (26/6/2022).

Baca Juga: Akibat Hujan Lebat, Banjir Genangi Sejumlah Desa di Cilacap

Sementara itu, dapur umum dan posko tersebut menyiapkan logistik makanan, obat-obatan untuk memenuhi kebutuhan keseluruhan korban banjir sebanyak 4.674 Jiwa atau 1.352 Kepala Keluarga.

Selain bantuan BPBD setempat, lanjutnya, bantuan logistik tersebut disokong oleh CSR perusahaan pertambangan di Kabupaten Muara Enim yakni PT. BA, PT. SBS dan PT. Pama.

“Dapur umum BPBD sudah disiapkan, juga ada bantuan CSR perusahaan itu, berupa makanan dan semacamnya yang ketersediaannya mencukupi sampai beberapa waktu ke depan untuk korban banjir,” kata dia.

Kondisi di lokasi saat ini air sudah surut.

Warga beserta petugas tim pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana dan tim rescue perusahaan telah melakukan pembersihan rumah dari bahan material sisa banjir.

Baca Juga: Terpopuler: Isyana Sarasvati Blak-blakan Bilang Merinding di Paha, Putri Delina Digosipkan Putus

Adapun berdasarkan data dari BPBD Muara Enim, banjir yang disebabkan meluapnya air Sungai Enim setelah diguyur hujan deras sejak Sabtu (25/6) malam – Minggu (26/6) dini hari itu telah menenggelamkan ratusan rumah penduduk dan satu jembatan penyeberangan putus di Lawang Kidul.

Komentar