facebook

Istana Buka Suara Penyebab Pesawat Rombongan Jokowi Harus Berputar di Turki Sebelum Mendarat di Jerman

Ria Rizki Nirmala Sari
Istana Buka Suara Penyebab Pesawat Rombongan Jokowi Harus Berputar di Turki Sebelum Mendarat di Jerman
Pesawat yang tengah membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta rombongan ke Jerman sempat berputar di Turki. (Twitter @/MurtWidi)

Pihak Istana menyampaikan kalau pilot harus menyesuaikan waktu karena kedatangannya ternyata lebih cepat dari waktu yang telah dipersiapkan.

Suara.com - Pesawat Garuda Indonesia yang membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana Jokowi beserta rombongan sempat berputar 360 derajat di langit Turki sebelum akhirnya lepas landas di Jerman. Pihak Istana menyampaikan kalau pilot harus menyesuaikan waktu karena kedatangannya ternyata lebih cepat dari waktu yang telah dipersiapkan.

"Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, di mana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin saat dikonfirmasi wartawan, Senin (27/6/2022).

Supaya kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, akhirnya pilot berusaha untuk menyesuaikan waktu ketibaan. Berputar-putar di area Turki menjadi pilihan pilot supaya tiba di Munich International Airport sesuai dengan slot waktu yang telah disediakan.

Bey menegaskan kalau keputusan pilot itu dilakukan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Baca Juga: 5 Fakta Hotman Paris Minta Maaf atas Kasus Holywings hingga Temui Ketua MUI

"Hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut."

Pertama Kali Diungkap Pengamat

Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman melihat kalau pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang memboyong Jokowi beserta rombongan itu tampak sempat berputar di Turki. Itu bisa dilihatnya melalui situs resmi flightradar24.

"Ok, can someone tells me what was going on here? It's carrying the #president... things like this raises questions... why the 360 turn? (Oke, bisakah seseorang memberi tahu saya apa yang terjadi di sini? Ini membawa presiden... hal seperti ini menimbulkan pertanyaan... kenapa berputar 360?)," cuit Gerry melalui akun Twitternya @GerryS pada Minggu (26/6/2022).

Saat dikonfirmasi, Gerry mengungkapkan ketidaklaziman ketika pesawat tengah terbang menuju tujuan sampai harus berputar seperti itu. Terlebih pesawat yang sedang dibahasnya mengangkut Jokowi dan rombongaa.

Baca Juga: Seorang Wanita Ditemukan Tewas di Villa Prigen Pasuruan, Diduga Dibunuh Suaminya Sendiri

Gerry sendiri mengaku belum mengetahui penyebab pesawat yang membawa rombongan presiden itu berputar 360 derajat di Turki. Namun kalau untuk pesawat non VIP itu bisa terjadi karena adanya masalah izin terbang di sebuah negara.

"Namun kalau begini terjadi si perbatasan (kejadian di perbatasan Iran dan Turki) di pesawat non VIP sih biasanya masalah di flight permit masuk atau melewati ke sebuah negara," tutur Gerry saat dihubungi Suara.com, Senin (27/6/2022).

"Nah, ini kan bawa kepala negara, makanya jadi pertanyaan. Kalau memang masalah flight permit, lha ini kan bawa presiden, kok bisa? Namun sekali lagi, belum ada info apa-apa mengenai ini."

Komentar