facebook

Daftar Harga Pertalite dan Pertamax Terbaru Hari Ini, Capai Rp 30 Ribu Per Liter?

Chyntia Sami Bhayangkara
Daftar Harga Pertalite dan Pertamax Terbaru Hari Ini, Capai Rp 30 Ribu Per Liter?
Ilustrasi SPBU - Daftar Harga Pertalite dan Pertamax TerbaruĀ (Shutterstock)

BBM di Indonesia kerap kali mengalami perubahan harga sesuai harga minyak dunia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui daftar harga Pertalite dan Pertamax terbaru.

Suara.com - Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari, BBM di Indonesia kerap kali mengalami kenaikan harga yang kabarnya dipengaruhi oleh harga minyak dunia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui daftar harga Pertalite dan Pertamax terbaru

Sebelumnya, pada awal April 2022 lalu harga BBM dari Pertamina, yaitu Pertalite dan juga Pertamax mengalami penyesuaian harga. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat disinggung soal kenaikan harga BBM di Indonesia. Ia menilai harga BBM khususnya jenis Pertalite dan Pertamax cenderung lebih murah dari pada negara-negara tetangga. Lantas berapa harga Pertalite dan Pertamax terbaru?

Khusus umtuk Pertalite, pemerintah masih mempertahankan harga BBM milik Pertamina itu dengan menyubsidi dari APBN. Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan jika subsidi energi dalam jumlah besar itu dapaat membangun satu Ibu Kota Negara (IKN) baru. Jokowi meminta pengertian dari semua pihak karena tak mudah menekan harga di situasi dan kondisi global pada saat ini. 

"Bisa dipakai untuk membangun ibu kota satu karena angkanya sudah mencapai Rp 502 triliun. Ini semua yang kita harus ngerti, sampai kapan kita dapat bertahan dengan subsidi sebesar ini. Kalau kita nggak ngerti angka, kita tidak bisa merasakan betapa sangat beratnya persoalan saat ini," ungkap Jokowi dalam acara Rakernas PDI Perjuangan, pada Selasa (21/6/2022) lalu. 

Baca Juga: Beli Pertalite dan Solar Harus Pakai MyPertamina, Hiswana Migas DIY Beri Respon Ini

Di lain tempat, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan soal lonjakan harga minyak dunia yang saat ini cukup tinggi. Arifin menyebut harga minyak dunia sekarang di atas US$ 100 hingga 120 per barel. 

Akibat dari tingginya harga minyak bumi ini mempengaruhi harga keekonomian BBM termasuk di Indonesia. Bahkan, ia mengatakan harga BBM RON 90 maupun RON 92 seperti BBM jenis Pertalite dan Pertamax seharusnya di atas Rp 30.000. Untuk itu, kita semua harus mengantisipasi terjadinya lonjakan harga karena adanya krisis energi yang bisa datang sewaktu-waktu. 

"Kita harus antisipasi ini karena kondisi atau situasi krisis energi tidak bisa diramalkan akan selesai tahun ini atau lebih lama lagi," kata Arifin DPPU Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Jumat (24/6/2022) lalu. 

Harga Pertalite dan Pertamax Terbaru 

Harga Pertamax di semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan berbeda-beda tergantung pada keberadaan wilayahnya. Sedangkan harga BBM jenis Pertalite di seluruh SPBU di Indonesia masih sama yakni Rp 7.650 per liter. 

Baca Juga: Catat! Empat Kota di Jawa Barat Ini Bakal Uji Coba Pembelian BBM Bersubsidi Pakai Aplikasi

Penyesuaian harga BBM terus dilakukan Pertamina setiap waktu. Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. 

Komentar