facebook

Jayapura Bangun 4 Kolam Resapan di 4 Tempat untuk Atasi Banjir di Musim Hujan

Pebriansyah Ariefana
Jayapura Bangun 4 Kolam Resapan di 4 Tempat untuk Atasi Banjir di Musim Hujan
Pemerintah Kota Jayapura akan membangun kolam resapan air. (Antara)

Musim penghujan akan terjadi pada Oktober 2022 hingga Februari 2023 di wilayah itu.

Suara.com - Pemerintah Kota Jayapura akan membangun kolam resapan air. Kolam resapan itu dibangun di beberapa titik untuk mengantisipasi terjadi bencana banjir saat musim penghujan nanti.

Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey menjelaskan untuk di kawasan Lantamal X Jayapura telah menyiapkan lahan setengah hektare untuk pembangunan kolam resapan air.

"Sehingga kami akan membangun kolam resapan air pada empat titik yakni Koya, SMA Negeri 4 Jayapura, Pasar tradisional Youtefa dan Lantamal X Jayapura," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Jumat.

Berdasarkan informasi dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah V Jayapura menyebutkan bahwa musim penghujan akan terjadi pada Oktober 2022 hingga Februari 2023 di wilayah itu.

Baca Juga: Masyarakat di Pesisir Surabaya Diimbau Waspadai Banjir Rob

"Sementara di daerah lain nanti kami akan melakukan sosialisasi untuk tempat mana yang dikosongkan guna membangun kolam resapan air," ujarnya.

Rencana tersebut sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di Kota Jayapura terutama pada lokasi-lokasi yang selama ini mengalami kebanjiran selama musim penghujan.

Pemkot akan mengaktifkan kembali satuan tugas (Satgas) bencana yang dibentuk pada awal 2022 dalam penanganan bencana banjir dan longsor di wilayah itu.

"Juga kami akan membentuk satgas secara menyeluruh dalam bidang tugas dan pelayanan pengendalian masalah perkotaan," katanya lagi.

Dengan demikian pihaknya mengajak semua masyarakat Kota Jayapura untuk waspada saat musim penghujan terutama bagi yang tinggal pada daerah-daerah rawan banjir. (Antara)

Baca Juga: Gerombolan Laron Serbu Jalan Raya, sampai Dikira Banjir dari Hujan Deras

Komentar