facebook

Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah, Lengkap dengan Dalil dan Keutamaannya

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah, Lengkap dengan Dalil dan Keutamaannya
Ilustrasi Berdoa - Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Dalil dan Keutamaannya (Pixabay)

Sebelum memasuki Idul Adha, terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan yaitu puasa tarwiyah. Simak bacaan latin niat puasa tarwiyah, dalil dan keutamaannya berikut.

Suara.com - Setiap tanggal 10 Dzulhijjah diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha oleh umat muslim. Sebelum memasuki hari kemenangan tersebut, terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan salah satunya yaitu puasa tarwiyah. Simak bacaan latin niat puasa tarwiyah, dalil dan keutamaannya berikut. 

Puasa tarwiyah sendiri dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau dua hari sebelum Idul Adha. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Kemenag melalui sidang Isbat, Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Itu artinya umat Islam dapat melakukan puasa tarwiyah pada Jumat, 8 Juli 2022 mendatang dan membaca bacaan latin niat puasa tarwiyah.

Tarwiyah sendiri dalam bahasa Arab memiliki makna yaitu ‘proses berpikir’. Berdasarkan sejarahnya, dahulu pada saat Nabi Ibrahim AS bermimpi dan diperintahkan untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail, beliau berfikir serta mempertimbangkan hal tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk melaksanakan perintah Allah AS.  Lantas, seperti apa bacaan latin  niat puasa tarwiyah?

Dari kisah itulah, kini umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa tarwiyah. Agar mereka dapat mengingat dan merenungi segala kebaikan yang telah Allah berikan selama ini terhadap hidupnya.  

Baca Juga: Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Keutamaan untuk melakukan puasa dua hari sebelum hari raya Idul Adha atau hari raya qurban ini sangat besar. Melansir dari NU Online, hukum puasa tarwiyah adalah sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan. 

Dalil Puasa Tarwiyah  

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada para sahabatnya tentang keutamaan melakukan puasa sunnah sebelum Hari Raya Idul Adha yang memiliki keutamaan sangat besar. Dalam sebuah hadis disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: 

Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya."(HR. Muslim, no 1162). 

Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah 

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah sebelum Idul Adha 2022, Termasuk Tarwiyah dan Arafah

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati yaumit tarwiyah lillahi ta'ala. 

Komentar