facebook

Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi Menpan RB, Pengamat: Yang Menentukan Bukan Presiden, Tapi Megawati

Bangun Santoso | Bagaskara Isdiansyah
Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi Menpan RB, Pengamat: Yang Menentukan Bukan Presiden, Tapi Megawati
Menpan RB Tjahjo Kumolo semasa hidup. (Instagram/@tjahjo_kumolo)

"Cuma saya melihat pertama pengganti itu dari PDIP. Jadi, pengganti pak Tjahjo karena dia dari PDIP, 100 persen dari PDIP," kata Ujang

Suara.com - Analis Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan, kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) masih akan menjadi jatah PDIP sepeninggal wafatnya Tjahjo Kumolo.

"Cuma saya melihat pertama pengganti itu dari PDIP. Jadi, pengganti pak Tjahjo karena dia dari PDIP, 100 persen dari PDIP," kata Ujang kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Menurutnya, soal nama pengganti Tjahjo akan ditentukan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Dengan begitu, kata dia, soal pengganti Tjahjo tersebut yang menentukan bukan lah Presiden Jokowi.

"Jadi sesungguhnya yang menentukan pengganti pak Tjahjo bukan presiden, tetapi parpol yaitu PDIP, khususnya Bu Megawati," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Akan Berkomunikasi dengan Megawati Cari Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi Menpan-RB

Lebih lanjut, Ujang menyampaikan, memang posisi Menpan RB seharusnya diisi oleh figur dari kalangan profesional non-parpol. Namun, menurutnya, hal itu sulit.

"Memang masyarakat berharap Jokowi bisa mengangkat nama dari kalangan profesional. Cuma apa boleh buat, politik itu ada kompromi, ada keputusan politik yang harus diterima. Jadi, keinginan masyarakat aga menpan RB diisi kalangan profesional sulit terwujud," tuturnya.

Respons PDIP

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan, banyak stok kader PDIP yang dianggap layak mengisi posisi Menteri PAN-RB selepas peninggalan Tjahjo Kumolo. Ia menyebut nama dari mulai Ganjar Pranowo hingga Olly Dondokambey.

"Nah jadi kita banyak stok ada Pak Ganjar, ada Pak Olly, sebagai gubernur, jadi kita banyak stok yamg baik-baik lagi belum lagi kepala daerah kita yang di kabupaten kota maupun provinsi," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Ini Kata Mahfud MD

Menurutnya, stok kader kekinian sangat mrncukupi apabila diminta Presiden RI Jokowi untuk mengisi posisi menteri. Pasalnya, kata dia, PDIP rutin menggelar acara sifatnya untuk kaderisasi.

Selain nama Ganjar dan Olly, Djarot juga menilai, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wakil Ketua MPR RI fraksi PDIP Ahmad Basarah juga dianggap layak pimpin kementerian PAN-RB.

"Pak Hasto juga bisa. Artinya apa kita banyak stok, Pak Basarah juga bisa, kita banyak stok ya dari PDIP banyak stok Pak Basarah ok, Pak Hasto ok, tergantung kepada dari penugasan," tuturnya.

Kendati begitu, PDIP sendiri belum mengusulkan nama pengganti Tjahjo. Menurutnya, partai masih dalam kondisi berduka.

Komentar