facebook

Poso Pesisir Utara Dilanda Banjir, Sungai Matawo Meluap

Pebriansyah Ariefana
Poso Pesisir Utara Dilanda Banjir, Sungai Matawo Meluap
Satu desa di Kabupaten Poso dilanda banjir hingga ketinggian 1 meter. (Antara)

Banjir terjadi akibat curah hujan tinggi dan membuat Sungai Matawo meluap.

Suara.com - Satu desa di Kabupaten Poso dilanda banjir hingga ketinggian 1 meter. Banjir terjadi di Desa Tambarana Utara, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Kamis dinihari.

Banjir terjadi akibat curah hujan tinggi dan membuat Sungai Matawo meluap.

Saat ini BPBD Sulteng dan BPBD Poso masih tengah mendata korban jiwa, sarana dan prasarana serta fasilitas publik yang terdampak akibat banjir yang terjadi.

"Curah hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Matawo meluap ke jalan Trans Sulawesi dan mengakibatkan permukiman warga di RT 1 dilanda banjir sekitar pukul 01.30 WITA dengan ketinggian air sekitar 100 centimeter," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andi Sembiring saat dihubungi dari Kota Palu, Kamis.

Baca Juga: 6 Warga Meninggal karena Banjir dan Longsor di Kabupaten Seram Bagian Barat

Kini BPBD melakukan normalisasi Sungai Matawo yang meluap akibat tidak mampu menahan semua debit air hujan yang mengguyur.

BPBD mengimbau warga Desa Tambarana Utara tetap waspada dan selalu siap siaga mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Sampai sekarang belum ada laporan korban jiwa. Kami terus berkoordinasi dengan BPBD Poso untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi," demikian Andi Sembiring. (Antara)

Komentar