Kendalikan Inflasi di Jateng, Ganjar Pranowo: Subsidi Transportasi Hingga Harga Barang Pokok

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Kendalikan Inflasi di Jateng, Ganjar Pranowo: Subsidi Transportasi Hingga Harga Barang Pokok
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Suara.com/Ria)

"Jangan sampai subsidinya diberikan sampai ke pasar harga yang masih tetap aja. Ini harus dilakukan dengan kontrol-kontrol," kata Ganjar.

Suara.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan tiga skenario untuk pengendalian inflasi. Tiga skenario yang dimaksud ialah operasi pasar, subsidi transportasi dan subsidi harga.

Skenario pertama yakni operasi pasar dinilai Ganjar belum memperlihatkan dampak yang signifikan untuk saat ini. Namun, ia menyebut akan mencoba memasifkan operasi pasar.

Kemudian skenario yang kedua ialah subsidi transportasi. Menurutnya, subsidi transportasi itu harus betul-betul dikontrol supaya bisa menurunkan harga-harga barang di pasaran.

"Jangan sampai subsidinya diberikan sampai ke pasar harga yang masih tetap aja. Ini harus dilakukan dengan kontrol-kontrol," kata Ganjar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Bukan Puan Maharani, PDIP Bakal Terdongkrak Elektabilitasnya Jika Usung Ganjar, Anies, atau Prabowo

Lalu untuk skenario yang ketiga ialah subsidi harga. Ganjar mengakui kalau skenario itu masih agak sulit untuk diterapkan. Dia mengatakan kalau pihaknya telah menggandeng CRS untuk membantu BUMD.

"Ini yang sekarang menjadi penting untuk kita dorong tetapi produk-produk lokal," tuturnya.

"Alhamdulillah tadi presiden menyampaikan hampir semua di kementerian/lembaga kabupaten/kota makin banyak yang mendaftar (produk lokal) satu juta lebih ya."