Tahap 4 Sudah, BSU Tahap 5 Kapan Cair? Begini Jadwal dan Cara Cek Penerimanya

Rifan Aditya
Tahap 4 Sudah, BSU Tahap 5 Kapan Cair? Begini Jadwal dan Cara Cek Penerimanya
Tahap 4 Sudah, BSU Tahap 5 Kapan Cair? Begini Jadwal dan Cara Cek Penerimanya - Ilustrasi BSU tahap 5 Kapan Cair (Unsplash)

Tahap 4 sudah, lalu BSU tahap 5 kapan cair? Hingga saat ini, belum ada rilisan resmi dari pihak terkait mengenai jadwal pencairan BSU tahap 5.

Suara.com - Sebagian masyarakat bertanya mengenai BSU tahap 5 kapan cair. Perlu diketahui, bahwa Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 menjadi salah satu program pemerintah dari pengalihan subsidi BBM.

BSU 2022 merupakan salah satu bagian dari bantalan sosial untuk masyarakat, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan daya beli di tengah harga kebutuhan pokok yang terus meningkat. Lantas, BSU tahap 5 kapan cair?

BSU Tahap 5 Kapan Cair?

Hingga saat ini, belum ada rilisan resmi dari pihak terkait mengenai jadwal pencairan BSU tahap 5. Meski demikian, jika melihat tren sebelumnya, pencairan bantuan ini tidak akan memakan waktu yang terlalu lama.

Baca Juga: Cara Dapat BSU Tahap 5 2022, Segera Daftar Sebentar Lagi Cair!

Pada dasarnya, data yang dibutuhkan untuk pencairan BSU tahap 5 sendiri telah dipegang oleh kementerian terkait, yang merupakan data dari seleksi tahap 4 lalu.

Maka dari itu, idealnya proses seleksi dan pemadanan data tidak akan memakan waktu yang lama. Mengacu pada proses yang sebelumnya, diprediksi maksimal BSU tahap 5 akan dicairkan dua pekan dari tanggal BSU tahap 4 cair.

Cara Cek Penerima BSU Tahap 5

Hingga saat ini masih belum ada informasi lebih detail mengenai penyaluran BSU tahap 5. Meski begitu, kemungkinan besar mengenai cara cek penerima BSU 2022 tahap 5 tidak akan jauh berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu:

1. Pertama, buka laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 

Baca Juga: Mulai Cair! Simak Cara Cek BSU Tahap 4 Lewat bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Kemudian, pilih menu "Cek Status Calon Penerima BSU". Sebelumnya, pastikan dulu bahwa Anda sudah memiliki akun yang terdaftar.

3. Namun, jika belum maka silakan daftar dan lengkapi data diri di kolom yang telah tersedia.

4. Isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, tanggal lahir hingga nomor handphone Anda.

5. Lalu silakan aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirim ke HP Anda.

6. Setelah berhasil, cobalah untuk login dan lengkapi kembali biodata diri.

7. Lalu langkah terakhir adalah, cek pemberitahuan. Jika Anda terdaftar sebagai penerima BSU 2022, maka akan ada centang hijau notifikasi. Namun jika Anda tidak termasuk penerima BSU 2022, maka akan ada notifikasi "tidak terdaftar". 

Itulah ulasan mengenai BSU tahap 5 kapan cair dan hal-hal terkait lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa jadwal BSU tahap 5 kapan cair adalah sebatas prediksi. Jadi sangat disarankan untuk menantikan pengumuman yang resmi dari pemerintah selanjutnya.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama