Diapresiasi oleh Menteri ESDM, 13 Inovasi Perwira Pertamina Raih Penghargaan Dharma Karya Energi 2022

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Diapresiasi oleh Menteri ESDM, 13 Inovasi Perwira Pertamina Raih Penghargaan Dharma Karya Energi 2022
13 Inovasi Perwira Pertamina Raih Penghargaan Dharma Karya Energi 2022. (Dok: Pertamina)

Inovasi yang diberikan oleh PT Kilang Pertamina Internasional bukan hanya berkontribusi untuk kemajuan Pertamina namun juga Indonesia.

Suara.com - Karya inovasi Perwira Pertamina diapresiasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Apresiasi ini diberikan dalam acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM di Gedung Chairul Saleh, Ruang Sarulla, Selasa, (4/10/2022).

Sebanyak 13 inovasi Perwira Pertamina berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Energi 2022 atas berbagai inovasi yang telah dilakukan di berbagai sektor. Inovasi tersebut telah diimplementasikan di berbagai anak usaha Pertamina sehingga mendukung Perseroan menjalankan amanah Pemerintah menjaga ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Adapun ke-13 inovasi Perwira yang mendapat penghargaan adalah PC PROVE PDA (PT Pertamina EP), FT PROVE Thickening Team, (PT Elnusa TBK), PC PROVE Waterproof (DPPBU Adi Soemarmo Solo),  PC PROVE Krayan Reborn (PT Pertamina Hulu Rokan), PC PROVE Suparman (PHE), PC PROVE Ceria (Kilang Pertamina International Refinery Unit II Dumai), PC PROVE CuCuBa (RU II Plaju), PC PROVE Go Foam (RU Balongan),  PC-PROVE Asli (PGE),  FT-PROVE Turbine (PGE), FT-PROVE UPTO, (PGE), Auto Shutter (PGN), PASTI SIP (PGN dan Pertagas).

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada perseorangan atau lembaga/perusahaan yang sangat berjasa dalam pembangunan dan penemuan baru di sektor energi dan sumber daya mineral. Inovasi tersebut telah memberikan dampak kemajuan yang sangat berarti dalam pembangunan nasional khususnya di sektor energi dan sumber daya mineral.

Baca Juga: Alasan Nicke Kembali Dipilih Jadi Dirut Pertamina: Transformasi Perusahaan

“ESDM harus tangguh dan tidak menyerah dalam menghadapi tantangan dan kita harus mampu berinovasi, bergerak lincah dan adaptif dalam melaksanakan tugas secara profesional,” tutur Arifin.

Menurut Arifin, implementasi kebijakan sektor ESDM bergerak secara dinamis dan harus mengimbangi perkembangan dunia yang begitu besar.

“Saya harapkan setiap insan ESDM dapat berkarya dan meningkatkan kinerja melalui inovasi secara cepat, cermat dan produktif sehingga sektor ESDM bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

SVP Research & Technology Innovation Pertamina Persero, Oki Muraza mengatakan sangat bahagia karena karya Perwira Pertamina diapresiasi oleh Kementerian ESDM RI.

“Alhamdulillah teman-teman peneliti di RTI berhasil membuat demulsifier melalui PC PROVE PDA (Pertadem's Double Action) dan hari ini kita melihat adanya penghargaan dari pemerintah untuk inovasi dan implementasi di lapangan milik Pertamina. Dengan inovasi ini Pertamina bisa mengurangi impor chemicals. Harapannya tahun selanjutnya hasil karya kita bisa dikomersialisasikan,” ujarnya.

Baca Juga: Menteri Arifin Tasrif: Arah Kebijakan ESDM Diprioritaskan Pada Penerapan EBT Hingga Kendaraan Listrik

Astri Agustiana Sari dari PC PROVE Go Foam mengatakan penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Ia berharap, inovasi yang diberikan oleh PT Kilang Pertamina Internasional bukan hanya berkontribusi untuk kemajuan Pertamina namun juga Indonesia.