Tergiur Terjun ke Politik, Kaesang Bisa Mulai Ikut Jejak Jokowi dan Gibran di Solo Jadi Wali Kota

Agatha Vidya Nariswari
Tergiur Terjun ke Politik, Kaesang Bisa Mulai Ikut Jejak Jokowi dan Gibran di Solo Jadi Wali Kota
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. (Instagram Gibran_selvi)

"Ia bisa menggantikan sang kakak, Gibran sebagai wali kota,"

Suara.com - Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menyoroti Kaesang Pangarep yang blak-blakan mulai tertarik untuk terjun ke dunia politik.

Pernyataan Kaesang tersebut dinilai sesuatu yang wajar karena ia dikelilingi keluarga yang berkecimpung di perpolitikan Indonesia.

Mulai dari sang ayah, Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Bobby Nasution. Semua tokoh tersebut secara langsung dinilai menularkan ketertarikan politik kepada Kaesang.

"Kaesang kesehariannya melihat ayah, kakak, dan kakak iparnya intens di dunia politik. Hal itu secara langsung menularkan dunia politik kepada Kaesang," ujar Jamiluddin pada Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Diprotes Warga hingga Disentil PDIP, Gibran Bakal Revisi Keputusan Menaikan Tarif PBB

Ia juga menilai bahwa putra bungsu Presiden Jokowi itu memiliki modal besar untuk terjun ke dunia politik.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul ini juga mengatakan bahwa Jokowi, Gibran, dan Bobby tidak akan diam dan tentunya akan mendukung keinginan Kaesang untuk terjun ke politik.

"Sokongan sang ayah, kakak, dan kakak ipar akan memudahkan Kaesang berkarier di dunia politik," lanjutnya.

Menurutnya Kaesang bisa memulainya dengan mengikuti jejak sang ayah dan kakak, yakni menjadi Wali Kota Solo.

Jamiluddin menilai kiprah Kaesang di politik akan mudah jika dimulai dari Solo. Hal itu karena Solo menjadi basis sang ayah dan kakak.

Baca Juga: Fadli Zon Benarkan Susun Perjanjian Antara Anies dan Prabowo, Tapi Isinya Hanya soal Pilkada

"Ia bisa menggantikan sang kakak, Gibran sebagai wali kota," ujarnya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep mengungkapkan secara langsung kepada Gibran mengenai ketertarikannya terjun ke politik. Gibran mengatakan keinginan itu dalam momen jamuan makan yang digelar oleh keluarga Jokowi di Surakarta, Jawa Tengah.

"Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran pada Selasa (24/1/2023).

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Suara.com dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.