Wapres Ma'ruf Amin: Allah Tersenyum saat Menciptakan Indonesia, Kita Nggak Akan Krisis Pangan

Farah Nabilla
Wapres Ma'ruf Amin: Allah Tersenyum saat Menciptakan Indonesia, Kita Nggak Akan Krisis Pangan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta memberikan sambutan secara virtual dalam Silaknas Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pada Sabtu (8/10/2022). [ANTARA/BPMI Setwapres]

Menurut wapres, Indonesia punya sumber daya alam yang unggul dibanding negara lain.

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan soal potensi kekayaan alam Indonesia sebagai bagian dalam membangun pertanian dan pemenuhan kebutuhan pangan. Wapres mengaitkannya dengan proses Tuhan menciptakan Tanah Air sehingga memberikan sumber daya yang melimpah.

Menurut wapres, Indonesia punya sumber daya alam yang unggul dibanding negara lain.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, Rabu (25/1/2023) yang juga disiarkan secara streaming di Youtube TV Tani Indonesia, Ma'ruf Amin mengutip ayat Al quran saat Allah menciptakan Indonesia.

"Allah memberikan Indonesia banyak sekali komoditas yang tidak ada di negara lain. Mungkin ketika menciptakan Indonesia, Allah sedang tersenyum sehingga banyak diberikan komoditas ke kita," kata Wapres dalam sambutannya.

Baca Juga: Kekuatan Nasdem Bila Pilih Khofifah Indar Parawangsa sebagai Bakal Cawapres Anies Baswedan: Menang Kalau dari NU

Mantan Ketua MUI ini mengingatkan sudah menjadi tugas orang Indonesia mengelola sumber daya melimpah yang diberikan Tuhan tersebut.

"Untuk itu kita harus bekerja keras, berjuang. Saya kira kita nggak akan menghadapi krisis pangan walaupun di dunia terjadi krisis. Karena itu, mari kita bangun apa yang Allah berikan kepada kita," pesan Wapres.

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin menyentil Kementerian Pertanian agar bekerjasama dengan kementerian dan lembaga lainnya untuk mewujudkan soal kestabilan pangan negara.

Terlebih saat ini dunia sedang dihadapkan dengan ancaman inflasi dan krisis pangan. Wapres menilai, momen ini bisa dimanfaatkan Indonesia untuk berbenah dan menciptakan peluang.

"Sektor ini harus mampu menyediakan pangan bagi lebih dari 275 juta jiwa di Indonesia," ujar Wapres.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin: Fikih Harus Berkarakter Dinamis dan Adaptif dengan Perkembangan Zaman

Tak hanya menguti kitab suci, Wapres juga mengutip pernyataan Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat sekaligus Penerima Nobel 1973.

"Kuasai pangan maka engkau menguasai rakyat. Kuasai energi, maka engkau akan menguasai bangsa-bangsa," kutipnya.