Namanya Masuk Bursa Cawapres Anies, Segini Harta Kekayaan Khofifah Indar Parawansa

Agatha Vidya Nariswari
Namanya Masuk Bursa Cawapres Anies, Segini Harta Kekayaan Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. (Dok: Pemprov Jatim)

Gubernur Jawa Timur Khofifah masuk dalam bursa cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Suara.com - Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Partai NasDem yang menjadi salah satu anggota koalisi Koalisi Perubahan bahkan telah membujuk Khofifah untuk mendampingi Anies berlaga di Pesta Demokrasi tahun depan.

Sejauh ini, koalisi yang beranggotakan Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat itu memang belum bulat dalam memilih nama cawapres Anies. Simak harta kekayaan Khofifah Indar Parawansa yang dirayu jadi cawapres Anies berikut ini.

Harta Kekayaan Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa memiliki total harta kekayaan mencapai Rp24,79 miliar menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2022. Sebagian besar harta kekayaan Khofifah ini terdiri atas tanah, bangunan serta kendaraan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Merasa Ditipu, Partai Demokrat Tarik Dukungan dari Anies Baswedan

Dalam laporan itu, Khofifah tercatat memiliki 35 bidang tanah dan bangunan dengan nilai mencapai lebih dari Rp17 miliar. Tanah milik Khofifah itu tersebar di berbagai wilayah seperti Surabaya, Sidoarjo, Jakarta Selatan, Makassar dan sebagainya. Harta berupa tanah tersebut dilaporkan Khofifah berasal dari jerih payah sendiri dan warisan.

Selain tanah, Khofifah juga mempunyai harta berupa alat transportasi mobil sejumlah 2 buah. Mobil yang dimiliki Khofifah adalah Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard dengan nilai mencapai Rp 835 juta.

Kemudian Khofifah juga melaporkan harta bergerak lainnya sebesar Rp602 juta dan kas sebesar Rp5,42 miliar. Dari harta kekayaan itu, dia tidak memiliki utang.

Sekilas Sepak Terjang Khofifah Hingga Dilirik Jadi Cawapres Anies

Khofifah resmi menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur sejak 13 Februari 2019 bersama wakilnya Emil Dardak. Sebelumnya, nama Khofifah lebih dikenal sebagai Menteri Sosial era kabinet kerja Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Dia juga pernah menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada Kabinet Persatuan masa kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Naik Daun dalam Survei Elektabilitas Capres, Prabowo dan Anies Tertinggal

Selain jadi menteri, Khofifah telah malang melintang di perpolitikan Indonesia. Dia bahkan pernah menjadi wakil ketua DPR RI pada 1999. Pada tahun 2013 Khofiah juga sempat  mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Namun dia baru berhasil setelah mencalonkan diri untuk kedua kalinya.

Bukan hanya Khofifah, ada nama lain seperti mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan putri Gus Dur, Yenny Wahid yang diajukan Partai NasDem untuk jadi cawapres Anies. Namun sejauh ini Khofifah tak mau berkomentar banyak ketika ditanya soal dirinya jadi cawapres Anies.

Kontributor : Trias Rohmadoni